Moodys Pangkas Peringkat Kredit 4 Bank Besar Australia

445

Salah satu lembaga pemeringkat kredit dunia yang berpusat di New York- Moodys mengumumkan penurunan peringkat kredit 4 bank besar yang ada di Australia ke peringkat negatif. Alasan diturunkannya peringkat kredit tersebut menimbang pertumbuhan laba yang kendur dan tantangan yang dihadapi bank tersebut.

Moody mengatakan perubahan proyeksi kredit ini mencerminkan kondisi 4 bank seperti  Commonwealth Bank, NAB, ANZ dan Westpac di sisa 2016 hadapi tantangan besar untuk meningkatkan  pertumbuhan laba dan kualitas aset serta kekuatan terhadap setiap guncangan eksternal.

Secara makro, Moodys juga melihat kondisi ekonomi di Australia juga menjadi pemicunya, dimana    di negeri ini sedang terjadi transisi  ekonomi yang mengakibatkan hasil pendapatan dan upah rendah dan suku bunga masih rendah, yang memberikan tekanan margin bagi keuntungan bank. Selain itu Moodys melihat meningkatnya utang yang memperburuk  portofolio pinjaman bank.

Moodys menilai peringkat kredit The Big Four Bank ini akan menjadi stabil  jika lingkungan operasi di Australia membaik, dengan stabilisasi leverage rumah tangga, pendapatan dan nominal harga rumah  lebih meningkatkan profil permodalan dan pendanaan mereka. Karena tingkat kesehatan kredit atau NPL bank-bank yang ada di negeri tersebut terpuruk.

Sebagai informasi sebelumnya The Big Four ini mendapat gugatan melakukan kecurangan  tingkat tagihan Bank swap (BBSW) dan perdagangan bank di Amerika Serikat sehingga  meluncurkan class action terhadap pemerintah Amerika Serikat.

Lens Hu/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here