Akhir Penguatan Bursa Hong Kong 22 Agustus Tertahan Kekuatiran Pelemahan Yuan

425
indeks hang seng

Pada penutupan perdagangan awal pekan Senin (22/08), indeks Hang Seng di Bursa Hong Kong ditutup naik 60,69 poin, atau 0,26 persen, pada 22.997,91. Penguatan indeks Hang Seng terdorong optimisme pasar tentang peluncuran sistem pemutus sirkuit baru yang menunda saham selama lima menit dalam hal pergerakan harga tidak normal.

Lihat : Indeks Hang Seng 22 Agustus Bergerak Naik Terdorong Peluncuran Mekanisme Sirkuit Pemutus

Hari ini menjadi hari pertama Hong Kong Exchanges and Clearing memperkenalkan sirkuit pemutus, yang pejabat bursa menyebut sebagai mekanisme kontrol volatilitas.

Masa tenang dalam mekanisme akan mengingatkan pasar, menyediakan waktu singkat yang memungkinkan pelaku pasar untuk menilai kembali strategi dan posisi mereka, dan membantu membangun kembali pesanan pasar jika ada pergerakan harga tiba-tiba dan drastis.

Broker mengatakan sejak ambang pemutus sirkuit Hong Kong sangat tenang dibandingkan dengan standar di seluruh dunia, mereka optimis akan ada sedikit kesempatan Hong Kong mengulangi kekacauan di Tiongkok pada bulan Januari tahun ini, ketika meluncurkan pemutus sirkuit sendiri.

Di Hong Kong bursa akan memiliki lima menit suspensi dalam perdagangan jika ada dari 81 saham konstituen di China Enterprises Index Hang Seng Index dan Hang Seng naik 10 persen dalam lima menit.

Namun kenaikan tertekan oleh kekhawatiran tentang pelemahan yuan dan ketidakpastian kapan bank sentral AS akan menaikkan suku bunga lagi.

Yuan melemah pada Senin karena dolar AS menguat secara global, sementara indeks resmi menunjukkan bahwa itu mencapai rekor terendah terhadap sekeranjang mata uang perdagangan-tertimbang pekan lalu.

Investor berharap petunjuk lebih lanjut tentang prospek kenaikan suku bunga AS mungkin muncul dari Federal Reserve pekan ini di Jackson Hole, Wyoming.

Sementara itu pergerakan indeks berjangka Hang Seng turun -99,00 poin atau -0,43% pada  22,864.00, turun dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 22,963.00.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa indeks Hang Seng akan mencermati perkembangan suku bunga AS, juga pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah, yang jika melemah akan semakin menekan bursa. Indeks Hang Seng diperkirakan akan bergerak di kisaran Support 22.316-21.852 dan kisaran Resistance 23.397-23.861.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here