Fed Williams : Kenaikan Suku Bunga AS September Masuk Akal

598

Presiden Federal Reserve Bank San Francisco, John Williams pada Kamis bergabung dengan suara yang berkembang untuk memberikan sinyal dukungan untuk kenaikan suku bunga dalam beberapa bulan mendatang, mengatakan bahwa menunggu terlalu lama bisa menjadi mahal bagi perekonomian.

“Dalam konteks ekonomi domestik yang kuat dengan momentum yang baik, masuk akal untuk kembali ke laju kenaikan, lebih cepat lebih baik,” kata Williams dalam sambutannya untuk the Anchorage Economic Development Corporation.

“Jika kita menunggu sampai kita melihat bagian positif mata inflasi, kita tidak hanya memiliki risiko harus menekan rem kebijakan moneter, kita berisiko harus membuat ekonomi mundur untuk memperbaiki kerusakan,” katanya. “Dan ini menciptakan risiko hard landing atau bahkan resesi.”

Williams tidak memiliki suara pada kebijakan Fed tahun ini, tapi pandangannya dilihat sebagai berpengaruh di komite kebijakan-pengaturan karena hubungan dekat dan lama dengan Ketua Fed Janet Yellen, mantan bosnya di Fed San Francisco Fed dan gaya penggeraknya.

Presiden Fed New York William Dudley dan Presiden Fed Atlanta Dennis Lockhart juga dalam beberapa hari terakhir menyatakan bahwa perekonomian dalam kondisi yang baik dan bahwa Fed harus segera menaikkan suku bunga secara bertahap yang dimulai Desember lalu tetapi ditahan di tengah gejolak pasar keuangan dan kekhawatiran efek dari perlambatan di Tiongkok dan Eropa.

Saat ini, Williams dan beberapa rekannya yang menyerukan kehati-hatian awal tahun ini kembali ke menganjurkan lebih kuat untuk kenaikan suku bunga, berani karena keuntungan pekerjaan yang kuat terus dan tanda-tanda bahwa inflasi kembali ke jalur menuju tujuan 2 persen Fed.

Williams pada Kamis menyataan laju keuntungan pekerjaan yang telah mendorong tingkat pengangguran menjadi 4,9 persen “tidak berkelanjutan,” dan mengatakan ia berharap untuk melihat kecepatan mengendur dalam beberapa bulan mendatang.

The Fed selanjutnya bertemu pada bulan September, namun para pedagang melihat sedikit kesempatan pembuat kebijakan akan menaikkan suku bunga. Williams dan atas gubernur bank sentral global lainnya berkumpul pekan depan di Jackson, Wyoming., dimana Yellen diharapkan untuk memberikan pandangannya tentang kapan dan seberapa cepat Fed seharusnya akan menaikkan suku bunga.

“Kami pada kesempatan kerja penuh, dan inflasi terlihat baik, dan di jalur untuk mencapai target kami,” kata Williams, Kamis. “Dengan kondisi tersebut, masuk akal untuk Fed untuk secara bertahap memindahkan suku bunga ke tingkat yang lebih normal.”

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here