Indeks Shanghai 22 Agustus Dibuka Datar Mengabaikan Peningkatan Proyeksi Ekonomi

353
indeks shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok awal pekan Senin (22/08), Indeks Shanghai bergerak datar, saat ini terpantau turun tipis-1,34 poin atau -0,04 persen pada 3106.76. Pelemahan Indeks Shanghai terpicu memudarnya harapan stimulus dari pemerintah Tiongkok, namun diimbangi dengan harapan meningkatnya proyeksi pertumbuhan ekonomi Tiongkok.

Lihat : Bursa Shanghai 19 Agustus Ditutup Datar; Mingguan Naik 1,9 Persen

Seperti yang pernah diberitakan, harapan pelonggaran kebijakan moneter segera, yang telah memicu rally pasar baru-baru ini, didinginkan setelah seorang pejabat senior bank sentral mengatakan sistem perbankan China memiliki likuiditas, dan bahwa suku bunga sudah pada tingkat yang rendah.

Analis juga mengatakan persetujuan perdagangan saham Hong Kong-Shenzhen telah diperkirakan, sehingga reaksi pasar membisu.

“Selain itu, skema tidak akan memperkenalkan banyak dana ke pasar daratan dilihat dari link saham Shanghai-Hong Kong,” kata Xiao Shijun, analis di Guodu Securities di Beijing.

Namun meningkatnya proyeksi pertumbuhan ekonomi Tiongkok menjadi harapan untuk pergerakan bursa Shanghai.

Lembaga pemeringkat AS Moody’s Investors Services meningkatkan proyeksi perekonomian Tiongkok, karena upaya pemerintah untuk mendongkrak pertumbuhan untuk menghadapi pelemahan terbaru dalam investasi aset tetap dan produksi industri.

Dalam sebuah laporan penelitian yang dirilis 16 Agustus, Moody mengatakan bahwa ekspansi ekonomi Tiongkok akan mencapai 6,6% pada tahun 2016, naik dari 6,3% sebelumnya. Pertumbuhan pada tahun 2017 akan menjadi 6,3%, naik dari 6,1%.

Lihat : Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok Diproyeksikan Meningkat

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak sideways menantikan stimulus pemerintah Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 3013-2912 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3214-3314.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here