Aktifitas Manufaktur Jepang Agustus Naik Pertama Kali Dalam 6 Bulan

403

Aktifitas manufaktur Jepang menunjukkan tanda-tanda mantap bulan Agustus dengan produksi naik untuk pertama kalinya dalam enam bulan, dalam tanda sementara bahwa ekonomi dapat pulih dari kemerosotan awal tahun ini, sebuah survei swasta menunjukkan Selasa (23/08).

IHS Markit / Nikkei Manufacturing Purchasing Managers Index (PMI) Flash Jepang naik tipis menjadi 49,6 pada bulan Agustus dari akhir 49,3 pada bulan Juli secara musiman disesuaikan.

japan-manufacturing-pmi (4)

Indeks utama tetap di bawah ambang 50 yang memisahkan kontraksi dari ekspansi untuk bulan keenam, namun tingkat penurunan adalah sedikit.

Indeks untuk produksi naik ke awal 50,6 dari 49,4 pada bulan sebelumnya. Sementara marginal, yang akan menunjukkan kenaikan pertama sejak Februari jika dikonfirmasi dalam data direvisi.

“Membesarkan hati, produksi meningkat untuk pertama kalinya dalam enam bulan, sementara perusahaan juga melihat penurunan lebih kecil dalam total pekerjaan dan ekspor penjualan baru,” kata Annabel Fiddes, seorang ekonom di IHS Markit.

Namun, pesanan baru dan pesanan ekspor masih menurun pada tingkat yang signifikan, memaksa pabrikan Jepang untuk memotong harga dari barang-barang mereka di laju paling tajam sejak Oktober 2012 untuk menarik bisnis baru.

Pertumbuhan ekonomi Jepang terhenti pada kuartal kedua karena lemahnya belanja konsumen dan ekspor melemah karena permintaan eksternal yang lemah dan dampak dari penguatan yen.

Kabinet bulan ini mengumumkan paket ekonomi dengan 13500000000000 ¥ ($ 133.960.000.000) dalam langkah-langkah fiskal, berharap itu akan membantu perekonomian menangkis tekanan eksternal dan mempertahankan pemulihan moderat.

Paket ini sangat berfokus pada membangun infrastruktur baru, yang bisa mendukung belanja modal dan produksi pabrik tahun depan, setelah berbagai proyek konstruksi berlangsung, beberapa ekonom mengatakan.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here