Bursa Indonesia Dapat Tekanan Aksi Ambil Untung Saham-Saham Unggulan

267

Ada tiga saham unggulan yang paling banyak ditransaksikan dengan maksud ambil untung, seperti saham BBRI, EXCL dan ASII. Saham perbankan milik Bank BRI paling banyak dijual belikan dimana harga saham ditutup turun sebesar Rp. 300 di akhir perdagangan dengan total nilai perdagangan sekitar Rp. 430 miliar. Demikian juga dengan saham EXCL milik PT XL Axiata Tbk, turun Rp.370 dari harga pembukaannya, ditransaksikan sebanyak 34.7 juta kali dengan nilai sekitar Rp. 118 miliar. Dan nilai transaksi terbesar datang dari saham ASII milik PT Astra International Tbk yang turun sebesar Rp.200 dengan nilai transaksi sebesar Rp.643 miliar.

IHSG masih ditutup di wilayah negatif, turun 53 poin atau 0,18% dari penutupannya kemarin, menjadi 5.417,14 pada sore hari ini. Demikian juga dengan indeks LQ45, turun 1,71 poin atau 0,18% ke level 932,23.

Saham Telkom tetap menjadi favorit, harga sahamnya naik 60 poin menjadi Rp.4220 per lembarnya. Salah satu saham yang menarik untuk diperhatikan hari ini adalah saham TMPO milik PT. Tempo Intimedia Tbk yang hari kemarin mengalami kenaikan cukup baik, 26,39% dengan nilai transaksi sebesar Rp.4,6 miliar, namun hari ini menerima surat UMA ( Unusual Market Activity) dari Kepala Pengawasan Transaksi BEI. Hari ini harga saham Tempo ini turun Rp. 15 menjadi Rp. 167 dengan nilai transaksi Rp. 28 miliar, hampir tujuh kali lipat dibandingkan hari kemarin.

Saham lain yang menerima UMA hari ini adalah saham LAMI, milik PT Lamicitra Nusantara Tbk yang harga sahamnya naik hari ini, Rp. 16 dibandingkan harga kemarin.

Nilai keseluruhan transaksi saham di bursa untuk hari ini adalah Rp. 7,9 triliun ditengah kurs tengah BI di Rp.13.216.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here