Harga Timah 23 Agustus Naik Didukung Peningkatan Proyeksi Ekonomi Tiongkok

343

Harga timah di bursa Malaysia menguat pada perdagangan Selasa (23/08). Kenaikan harga timah terdukung ditingkatkannya proyeksi pertumbuhan ekonomi Tiongkok.

Lembaga pemeringkat AS Moody’s Investors Services meningkatkan proyeksi perekonomian Tiongkok, karena upaya pemerintah untuk mendongkrak pertumbuhan untuk menghadapi pelemahan terbaru dalam investasi aset tetap dan produksi industri.

Dalam sebuah laporan penelitian yang dirilis 16 Agustus, Moody mengatakan bahwa ekspansi ekonomi Tiongkok akan mencapai 6,6% pada tahun 2016, naik dari 6,3% sebelumnya. Pertumbuhan pada tahun 2017 akan menjadi 6,3%, naik dari 6,1%.

Lihat : Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok Diproyeksikan Meningkat

Meningkatnya proyeksi pertumbuhan ekonomi Tiongkok, menguatkan harapan peningkatan permintaan dari negara konsumen terbesar logam dasar dunia ini.

Harga timah di bursa komoditas Malaysia terpantau mengalami kenaikan hari ini. Harga logam industri ini diperdagangkan pada posisi 18.480 dollar per ton, naik sebesar 50 dollar atau 0,3 persen dari penutupan sebelumnya pada 18.430.

Lihat : Harga Timah 22 Agustus Stabil Mencermati Indikator Ekonomi

Malam nanti akan dirilis data ekonomi Markit Manufacturing PMI Flash Agustus dan New Home Sales Juli, yang diindikasikan melemah dari hasil sebelumnya. Jika terealisir akan melemahkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga timah Malaysia pada perdagangan selanjutnya berpotensi menguat terbatas dengan potensi pelemahan dollar AS. Harga akan menghadapi level Resistance di posisi 18.700 dollar dan 18.900 dollar. Akan tetapi jika terjadi penurunan, harga timah akan menghadapi level Support di 18.300 dollar dan 18.100 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here