Indeks PMI Komposit Zona Eropa Agustus Naik Tertinggi 7 Bulan

317

Indeks Markit PMI flash zona Eropa merosot ke level terendah tiga bulan pada 51,8 dari 52,0 sebelumnya, sementara indeks sektor jasa mencapai tiga bulan tinggi pada 53,1 dari 52,9 sebelumnya.

Indeks produksi komposit keseluruhan menguat ke tertinggi tujuh bulan pada 53,3, meskipun ini hanya awal marginal dari 53,2 sebelumnya dengan semua rilis dekat dengan ekspektasi pasar.

euro-area-composite-pmi

Terdapat perlambatan pertumbuhan pesanan manufaktur dengan tingkat terlemah ekspansi selama 18 bulan, sedangkan laju bisnis baru di sektor jasa adalah yang terkuat selama empat bulan. Ada juga penurunan persediaan manufaktur pada tingkat tercepat selama enam tahun karena kepercayaan melemah.

Meskipun ada perbaikan di sektor jasa Perancis, pertumbuhan luar Jerman adalah umumnya lemah sekali lagi.

Lapangan kerja secara keseluruhan meningkat untuk Agustus, meskipun tingkat ekspansi yang paling lambat selama tiga bulan.

Harga input naik untuk bulan kelima berturut-turut, sementara harga produksi terus menurun dan pada kecepatan yang lebih cepat dari yang terlihat pada bulan Juli. Penurunan terus-menerus dalam harga produksi akan menyebabkan kekhawatiran baru dalam ECB, terutama mengingat sensitivitas mereka untuk ekspektasi inflasi.

Harapan bisnis secara keseluruhan di sektor jasa menurun ke level terendah sejak Desember 2014, yang sangat mengejutkan mengingat kebijakan moneter sangat mendukung dan akan ada kekhawatiran lebih lanjut atas kelemahan struktural.

Dalam konteks ini, meskipun titik data untuk pertumbuhan yang stabil di zona euro, ada sedikit lebih negatif daripada positif dalam survei dengan kawasan Euro masih mampu mengamankan kecepatan lepas dari pertumbuhan yang lemah.


Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here