Inflasi Singapura Juli Turun 21 Bulan Berturut

254

Indeks harga konsumen Singapura, sebagai ukuran inflasi, turun lagi pada bulan Juli, sebagai 21 bulan penurunan berturut-turut.

Secara keseluruhan harga konsumen turun 0,7 persen bulan lalu dari Juli tahun lalu, menurut data dari Departemen Statistik Singapura yang dirilis pada Selasa (23/08).

singapore-inflation-cpi (8)

Penurunan ini sedikit lebih tinggi dari perkiraan ekonom dari penurunan 0,5 persen dan sama dengan penurunan pada bulan Juni.

Biaya transportasi jalan swasta, yang meliputi mobil, turun 4,4 persen tahun-ke-tahun. Biaya bahan bakar dan utilitas juga turun 8,9 persen dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu.

Harga makanan naik 2,1 persen pada Juli dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu, sedangkan biaya barang-barang dan jasa rumah tangga juga meningkat 3,2 persen.

Inflasi inti, yang mengeluarkan biaya akomodasi dan transportasi jalan pribadi untuk lebih mengukur biaya sehari-hari, berdetak naik 1 persen.

MAS mengharapkan inflasi inti untuk naik secara bertahap selama tahun ini, sebagian karena harga minyak diperkirakan akan sedikit lebih tinggi dalam setengah tahun ini dibandingkan dengan semester pertama.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here