Pertumbuhan Manufaktur dan Jasa Jerman Agustus Merosot Terendah 2 Bulan

290

Indeks manufaktur PMI flash Jerman sedikit menurun ke level terendah tiga bulan pada 53,6 dari 53,8 sebelumnya, sementara indeks layanan-sektor melemah lebih signifikan ke level terendah 15-bulan pada 53,3 dari 54,4 sebelumnya. Demikian laporan Markit pada Selasa (15/08).

Hasil tersebut membuat indeks komposit produksi secara keseluruhan menurun ke level terendah dua bulan pada 54,4 dari 55,3 sebelumnya. Masih akan ada pertumbuhan jangka pendek sangat padat di ekonomi Jerman dan bahwa pesanan ekspor manufaktur telah membaik, tapi mengejutkan bahwa layanan-sektor tidak berkinerja baik.

germany-composite-pmi

Ada pertumbuhan terus pesanan baru untuk bulanan dengan ekspansi pesanan domestik dan luar negeri. Komponen manufaktur pesanan ekspor naik di level tertinggi selama 30 bulan, yang akan mendukung perkiraan produksi. Terjadi peningkatan dalam rangka backlogs untuk bulan ketiga berturut-turut, meskipun tingkat kenaikan melambat, yang menyarankan beberapa kehilangan momentum.

Ada keuntungan lebih lanjut dalam kerja selama satu bulan dan itu tetap di atas rata-rata jangka panjang, meskipun itu tingkat paling lambat dari penurunan selama 3 bulan.

Biaya input naik untuk bulan keempat berturut-turut sebagai biaya bahan baku meningkat dan ada juga peningkatan yang dalam biaya produksi ke tinggi sembilan bulan.

Ekspektasi bisnis di penyedia layanan jatuh ke level terendah dalam hampir dua tahun, yang akan menyebabkan beberapa kekhawatiran atas prospek mengingat bahwa suku bunga pada rekor terendah.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here