Rupiah Selasa Berhasil Kuat Meski BI Lemahkan Kursnya

227

Mengakhiri perdagangan valas antar bank di Indonesia dan juga di tengah   pasar spot  sesi Eropa (23/8), rupiah masih bergerak kuat meskipun BI kembali lemahkan kurs referensinya. Sepanjang perdagangan hari ini banyak kurs kawasan Asia alami tekana jual cukup besar dari pasar global.

Kekuatan rupiah sejak awal perdagangan tidak berhasil membuat investor asing  perbanyak aksi beli saham-saham unggulan di bursa saham, sehingga modal asing hari  ini lebih banyak keluar dengan net sell  Rp163 miliar.  Capital outflow atau aliran keluarnya modal asing dari bursa menjadi sentimen negatif bagi laju   IHSG yang  ditutup melemah 0,18%.

Lihat: 3 Sektor Gagal Angkat IHSG, 13 Saham Berusaha Hijaukannya

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi  ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,03% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13222/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13212/US$. Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini   diperlemah.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  dilemahkan   ke  13216  dari  posisi 13197 perdagangan hari Senin (22/08),  sedangkan kurs transaksi antar bank melemah ke posisi 13282  setelah perdagangan sebelumnya 13263 .

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari  diperkirakan  dibuka negatif oleh sentimen positif yang memberikan kekuatan pada dollar AS dari rilis data ekonominya malam ini.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here