Fundamental Harian Dollar AS 24 Agustus Menguntungkan

349

Pergerakan dollar AS terhadap rival-rival utamanya masuki perdagangan hari ketiga pekan ini berhasil rebound oleh optimisme pasar akan kenaikan suku bunga Fed bulan September yang diperkirakan akan disampaikan oleh Janet Yellen pada pertemuan Jackson Hole akhir pekan. Optimisme bertambah setelah data penjualan rumah baru Amerika Serikat yang dirilis semalam menunjukkan lonjakan data yang signifikan.

Data New Home Sales yang dilaporkan semalam menunjukkan peningkatan data penjualan yang paling besar dalam 9 tahun terakhir. Data ini diyakini pasar menambah serangkaian data yang menunjang kemampuan Federal Reserve menaikkan suku bunganya kembali. Sentimen yang menggembirakan dollar AS ini menjadi alasan bagi pasar lakukan profit taking terhadap rival-rival utamanya.

Untuk perdagangan hari ini pergerakan dollar selain ditopang oleh sentimen diatas juga akan diperkuat lagi oleh lemahnya data pendukung rivalnya serta harapan positif dari data existing home sales AS bulan Juli yang dilaporkan pada sesi malam.  Dari kawasan Eropa hari ini data ekonomi yang menopang kurs kawasan tersebut seperti data PDB Q2-2016 Eurozone dan juga data BBA Mortgage aprovals menunjukkan pelemahan.

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap enam mata uang utama perdagangan bergerak positif setelah sebelumnya ditutup melemah pada posisi 94.52  dan  pagi ini dibuka pada posisi 94.51.  Posisi dollar kini sedang berada di posisi 94.61.

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here