Kekuatan Rupiah Rabu Pagi Terpangkas, Investor Asing Tarik Modalnya

204

Kurs rupiah di tengah  perdagangan pasar spot sesi Asia pagi ini (24/8) masih bergerak negatif setelah dibuka lebih rendah dari penguatan kurs perdagangan sebelumnya oleh penguatan dollar AS terhadap banyak rival utamanya. Namun untuk kurs referensi perdagangan antar bank, kembali BI  melemahkannya dari perdagangan sebelumnya.

Menurunnya kekuatan rupiah pagi ini membuat investor asing yang dalam beberapa pekan terakhir setor modalnya ditarik kembali dari bursa saham dengan  net sell  Rp76 miliar.  Capital outflow atau aliran keluarnya modal asing dari bursa menjadi sentimen negatif bagi laju  IHSG yang  sekarang melemah 0,5%.

Lihat: IHSG 24 Agustus Dibuka Turun Tertekan Pelemahan Rupiah dan Minyak Mentah

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi  ini bergerak negatif dengan posisi pelemahan 0,05% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13220/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13250/US$.  Namun untuk  kurs referensi Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini   dilemahkan   ke  13252  dari  posisi 13216 perdagangan hari Selasa (23/08).

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  masih berpotensi kuat hingga akhir perdagangan  oleh pelemahan dollar, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13266 dan  resistance di 13235.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here