Turunnya Bisnis Non Data EXCL Anjlokkan Sahamnya ke Terendah 11 Bulan

388

Di tengah perdagangan bursa sesi kedua hari Rabu (24/8)  pergerakan saham  PT XL Axiata Tbk. (EXCL) masih menunjukkan kondisi yang mengkhawatirkan setelah perdagangan sebelumnya alami tekanan jual cukup parah. Sentimen yang membuat investor asing jual saham EXCL sangat besar disebabkan kinerja keuangan perseroan pada semester pertama lalu tidak seperti yang diharapkan.

Padahal kondisi keuangan EXCL yang dilaporkan perseroan alami perbaikan dari periode sama tahun sebelumnya, dimana pada semester I 2016 dapatkan  laba bersih  Rp224,7 miliar  sedangkan semester I 2015 justru merugi Rp850,8 miliar. EXCL bisa untung dikarenakan pada periode tersebut mendapatkan keuntungan selisih kurs Rp61,69 miliar sedangkan semester I tahun lalu  merugi Rp115,94 miliar.

Kekecewaan pasar tertuju pada pendapatan yang diraih EXCL yang merosot dari tahun sebelumnya, dimana pendapatan  hanya  Rp10,85 triliun atau turun  dari Rp 11,09 triliun semester I 2015. Berkurangnya pendapatan EXCL bersumber pada bisnis non data karena bisnis data perseroan naik mantap.

Untuk pergerakan sahamnya pada  perdagangan bursa saham  hari Rabu  (24/08) saham EXCL dibuka   pada  posisi  3200  dari perdagangan saham sebelumnya di posisi 3370. Saham anjlok parah  hingga 7 persen lebih dengan volume perdagangan saham sudah  mencapai 790 ribu  lot saham. Saham terjun ke posisi terendah dalam 11 bulan.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham EXCL perdagangan sebelumnya bergerak bearish dengan  indikator MA  bergerak turun  dan indikator Stochastic bergerak turun ke dasar area jenuh jual.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak datar  dan +DI  bergerak turun menunjukan pergerakan  EXCL rawan koreksi. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, rekomendasi trading esok hari ini pada kisaran 3020-3300.

Lens Hu/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here