Bursa Eropa Bergerak Turun Menantikan Pidato Yellen

350

Bursa Saham Eropa bergerak lebih rendah pada hari Kamis, terseret oleh saham-saham pertambangan dan kesehatan, sementara investor waspada menjelang pidato Ketua Federal Reserve Janet Yellen Jumat yang bisa memberikan petunjuk tentang waktu kenaikan suku bunga AS.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun 1 persen.

Indeks FTSE berada pada 6.792,22, turun -43,56 poin atau -0,64%

Indeks DAX berada pada 10.536,77, turun -86,20 poin atau -0,81%

Indeks CAC berada pada 4.392,56, turun -42,91 poin atau -0,97%

Kurangnya data utama dan laporan pendapatan dalam beberapa hari terakhir telah membuat investor fokus pada pidato Yellen, Jumat pada pertemuan tahunan gubernur bank sentral Jackson Hole. Komentar hawkish terbaru dari pejabat Fed telah membantu mendorong dolar, yang diperdagangkan hanya sedikit lebih tinggi terhadap mata uang utama pada hari Kamis.

Investor, bagaimanapun, adalah tidak pasti tentang waktu dengan lebih yakin bahwa The Fed tidak akan bergerak pada tingkat suku bunga pada bulan September.

Di Asia, pasar diperdagangkan mixed dengan kehati-hatian investor jelang pidato Yellen.

Harga minyak jatuh sedikit di perdagangan Asia setelah kenaikan mengejutkan dalam persediaan minggu lalu di AS, demikian laporan EIA yang mengatakan persediaan minyak mentah naik 2,5 juta barel pekan lalu, melawan perkiraan analis untuk hasil penarikan dari 500.000. Harga minyak lemah juga akan membebani sentimen investor Eropa.

Penurunan harga minyak membuat sektor minyak dan gas yang lebih rendah. Namun dolar yang lebih kuat juga menekan harga logam yang menempatkan para penambang di bawah tekanan.

Saham Glencore melemah tajam meskipun laba kuartal kedua pada hari Rabu yang menunjukkan penyempitan kerugian dan upaya terus mengurangi utang.

Dalam berita perusahaan, pemerintah Prancis mengatakan tidak menghilangkan unsur kunci tentang penyelidikan ke dalam emisi Renault dalam sebuah laporan. The Financial Times menyampaikan dalam laporan pada 22 Agustus bahwa Kementerian Lingkungan Hidup Perancis telah meninggalkan beberapa rincian kunci dari temuan mereka. Saham Renault yang lebih rendah.

Di sektor otomotif, saham Volkswagen berada di zona merah meskipun mengatakan bahwa produksi pada pabrik-pabrik Jerman kembali normal pada hari Senin setelah produsen mobil menyelesaikan sengketa dengan dua pemasoknya.

Awak kabin Lufthansa mendukung membayar dan keepakatan pensiun baru disediakan oleh operator Jerman, mengakhiri sengketa panjang berjalan antara kedua belah pihak, mengirimkan saham sedikit lebih rendah.

Dalam ruang telekomunikasi, Orange membantah laporan media bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan Vivendi untuk mengambil saham di TV berbayar Canal Plus dan di Telecom Italia. Saham diperdagangkan di wilayah negatif.

Saham kesehatan anjkok setelah calon presiden Demokrat Hillary Clinton menyebutkan kenaikan harga untuk obat EpiPen, dibuat oleh Mylan NV, “keterlaluan.”

Laba juga dalam fokus, terutama di Rusia di mana sejumlah korporat yang melaporkan. Raksasa aluminium Rusal melaporkan 70 persen penurunan tahun-ke-tahun pada laba bersih, mengirimkan saham yang lebih rendah.

Sementara itu, net VTB berayun dengan laba bersih pada tujuh bulan pertama tahun ini, dengan saham diperdagangkan datar, sementara Sberbank lebih tinggi setelah melaporkan laba bersih yang lebih baik dari perkiraan pada kuartal kedua.

Sunrise Communications dan Playtech berada di dekat bagian atas STOXX 600 setelah laba positif.

Operator supermarket Ahold Delhaize berada di wilayah positif setelah ekspektasi penghasilan operasi yang mendasari mencapai target pasar kuartal kedua.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak lemah dengan kewaspadaan menantikan pidato Yelln. Juga akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here