Fundamental Harian 25 Agustus Mixed, Dollar AS Sesi Asia Konsolidasi

273

Menjelang pidato Janet Yellen dalam event Jackson Hole Symposium besok para pelaku pasar bersikap hati-hati sekali untuk mengkoleksi dollar dengan jumlah yang besar, sehingga pergerakan dollar AS di pasar spot konsolidasi terhadap rival-rival utamanya. Namun kecendrungan sikap pasar lebih memilih melepas dollar, karena komentar  hawkish beberapa pejabat Fed pekan lalu berbeda dengan risalah pertemuan mereka bulan lalu. Dan di tengah perdagangan forex sesi Asia pagi ini dollar kembali profit taking setelah perdagangan sebelumnya sedikit menguat.

Terlihat jelas pagi ini dollar AS  hanya menguat terhadap rivalnya yang perdagangan kemarin menguat, seperti terhadap poundsterling. Perdagangan sebelumnya dollar hanya melemah terhadap kurs pound oleh karena kekuatan fundamental GBP oleh pertimbangan pasar akan kondisi ekonomi Inggris terkini pasca Brexit.

Dollar berhasil kuat perdagangan sebelumnya terhadap beberapa rival utama dikarenakan sempat positifnya harapan pasar akan pertemuan pemimpin bank sentral global di Wyoming-USA selama 2 hari yang dimulai hari Kamis.  Untuk perdagangan hari ini pergerakan dollar AS akan ditopang oleh sentimen positif dari beberapa data ekonomi seperti data durable goods orders AS namun dibayangi oleh data negatif dari klaim pengangguran pekan lalu.

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap enam mata uang utama perdagangan bergerak positif setelah sebelumnya ditutup melemah pada posisi 94.74  dan  pagi ini dibuka pada posisi 94.76.  Posisi dollar kini sedang berada di posisi 94.74.

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here