Harga Minyak Mentah Sesi Asia Lanjutkan Pelemahan

375

Harga minyak mentah melemah pada perdagangan sesi Asia hari Kamis karena meningkatnya persediaan bahan bakar AS dan Asia kembali menjadi perhatian investor untuk kekenyangan pasokan global besar.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) berada di $ 46,68 per barel, turun 9 sen, setelah jatuh 2,8 persen pada Rabu.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka patokan internasional Brent diperdagangkan pada $ 48,95 per barel di 0132 GMT di perdagangan Asia awal, turun 10 sen, setelah penutupan turun 1,8 persen sebelumnya.

Para pedagang mengatakan harga turun pekan ini telah memotong rally yang mendorong minyak mentah naik lebih dari 20 persen pada awal Agustus pada pembicaraan tentang kesepakatan potensial dengan produsen minyak untuk membekukan produksi dalam upaya untuk mengendalikan kelebihan pasokan.

“Brent juga ada di bawah tekanan setelah anggota OPEC Irak menyatakan masih harus memproduksi minyak sebanyak itu, meningkatkan kekhawatiran bahwa pasokan OPEC akan terus meningkat,” kata ANZ Bank pada hari Kamis.

Dengan produksi tinggi, bukan hanya dari OPEC tetapi juga produsen top lainnya seperti Rusia, dan prospek permintaan gemetar, analis mengatakan ada sedikit prospek mengakhiri kekenyangan, yang telah ditarik ke bawah harga minyak mentah dari lebih dari $ 100 per barel untuk saat ini di tingkat $ 50 sejak 2014.

“Persediaan cukup adalah karena melemahnya permintaan di Asia, tetapi lebih umum didorong oleh kelebihan pasokan yang dihasilkan oleh penyuling, terutama untuk memproduksi bensin di AS,” kata BNP Paribas.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah pada perdagangan selanjutnya berpotensi lemah dengan potensi kekuatiran kekenyangan pasokan dan pesimisme pertemuan pembekuan produksi. Harga diperkirakan akan menembus kisaran Support $ 46,20 – $ 45,70, dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 47,20 – $ 47,70.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here