Kepercayaan Bisnis Jerman Agustus Merosot Terendah 6 Bulan

265

Kepercayaan bisnis Jerman memburuk pada bulan Agustus, survei menunjukkan pada hari Kamis (25/08), memperlihatkan eksekutif perusahaan dalam perekonomian terbesar di Eropa ini telah menjadi kurang optimis karena keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa.

Lembaga ekonomi Ifo yang berbasis di Munich mengatakan indeks iklim bisnis, berdasarkan survei bulanan sekitar 7.000 perusahaan, jatuh ke 106,2 pada bulan Agustus dari 108,3 pada bulan Juli. Hasil tersebut lebih lemah dari konsensus perkiraan Reuters untuk pembacaan 108,5.

germany-business-confidence (4)

Hasil ini adalah angka terendah sejak Februari tahun ini, sebagai keyakinan antara produsen, distributor dan pengecer memburuk sementara sentimen konstruktor tetap tidak berubah. Survei dari harapan masa depan turun ke 100,1 dari 102,1 pada bulan Juli sementara indeks kondisi saat ini turun menjadi 112,8 dari 114,8.

“Kepercayaan bisnis di Jerman telah jelas memburuk,” kata Kepala Ifo Clemens Fuest dalam sebuah pernyataan. “Ekonomi Jerman telah jatuh ke dalam kemerosotan musim panas.”

Industri Jerman masih sangat sensitif terhadap guncangan eksternal mengingat kontribusi yang sangat penting dari sektor ekspor. Dalam konteks ini, keputusan referendum Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa masih memiliki dampak potensial penting, terutama mengingat kekuatan Euro terhadap Sterling.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here