Preview: Durable Goods Orders AS

233

Para ekonom telah mengupgrade outlook mereka untuk pertumbuhan ekonomi kuartal ketiga baru-baru ini. Survei pertengahan Agustus dari Wall Street Journal merefleksikan rata-rata perkiraan GDP untuk kuartal ketiga sebesar 2.7%, yang merupakan suatu rebound yang solid setelah kenaikan yang lambat sebesar 1.2% pada kuartal yang kedua.

Perkiraan sekarang dari dua Federal Reserve bank regional memproyeksikan bahkan pertumbuhan GDP yang lebih kuat. Fed New York memperkirakan pertumbuhan naik menjadi 3.0% di kuartal ketiga sementara Fed Atlanta mengantisipasikan kenaikan menjadi 3.6%.

Perkiraan pemerintah yang pertama untuk kuartal ketiga baru akan keluar pada akhir Oktober, tetapi laporan malam hari ini mengenai “new order” dari “durable goods” bulan Juli akan memberikan data awal yang menjadi petunjuk untuk memperkirakan tren di kuartal sekarang. Dengan standard ini orang sedang menunggu kabar yang baik setelah berita yang buruk di kuartal kedua.

Perkiraan konsensus dari Econoday.com mengatakan akan terjadi rebound di dalam pertumbuhan menjadi 3.7% untuk “new order” di level “headline” untuk perbandingan bulanan di bulan Juli. Jika benar demikian, order akan bertambah untuk pertamakalinya sejak bulan April. Tetapi rebound yang kuat saja tidak cukup untuk membalikkan arah penurunan dalam rangka perbandingan tahunan, walaupun penurunannya paling tidak berkurang.

Prospek penurunan yang lebih halus bagi “durable goods” juga akan bertemu dengan support di update produksi industri yang terbaru, yang telah mengalami pemulihan dalam beberapa bulan belakangan ini setelah mengalami tekanan pada setengah tahun pertama. Factory Output (komponen utama dari aktifitas industri) meningkat 0.5% pada bulan terakhir, kenaikan bulanan terkuat dalam satu tahun. Kemungkinan sebagian dari kekuatan ini akan muncul di dalam rilis data “durable goods orders” pada malam hari ini

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here