Bursa Shanghai 26 Agustus Naik Tipis; Mingguan Merosot 1 Persen

439
indeks shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok akhir pekan Jumat (26/08), indeks Shanghai berakhir naik tipis 2,15 poin, atau 0,07 persen, ke 3070.48. Penguatan indeks Shanghai terpicu penolakan regulator pasar keuangan Tiongkok bahwa uang asuransi telah ditarik keluar dari pasar.

Secara mingguan, indeks Shanghai masih membukukan hasil negatif, turun -1,2 persen, sebagian besar tergerus aksi profit taking terpicu kinerja buruk saham keuangan dan properti.

Lihat : Indeks Shanghai 26 Agustus Bergerak Positif Terdorong Stimulus PBOC

Sejak perdagangan pagi, indeks Shanghai menguat setelah China Insurance Regulatory Commission (CIRC) pada Kamis membantah rumor pasar di media lokal bahwa 600 miliar yuan ($ 90170000000) senilai uang asuransi secara bertahap akan keluar dari pasar karena aturan ketat.

“Penolakan resmi rupanya membantu sentimen pasar,” kata Wu Kan, kepala perdagangan ekuitas di perusahaan investasi Shanshan Keuangan. “Rumor menyebabkan sedikit panik-selling kemarin tapi sekarang pasar pulih kembali.”

Namun kenaikan saham pagi tadi terhapus menjelang akhir perdagangan, dengan sentimen memburuk oleh penurunan 1,1 persen di sektor real estate.

Para pedagang mengatakan mereka mengharapkan pola perdagangan range-bound untuk berlanjut, sementara ada beberapa tanda-tanda pemulihan ekonomi untuk mendukung reli berkelanjutan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak sideways mencermati perkembangan ekonomi dan menantikan stimulus pemerintah Beijing yang lebih agresif. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2967-2861 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3160-3257.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here