Kondisi Ekonomi Amerika Sedang Turun, PDB Q2 Dibawah Harapan

583

Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat pada kuartal kedua tahun ini hanya tumbuh sedikit dan berkurang dari yang diperkirakan serta periode kuartal sebelumnya menurut sebuah laporan yang dirilis oleh Biro statistik Amerika pada hari Jumat (26/8). Menurunnya PDB negeri ekonomi terbesar dunia tersebut disumbang oleh menurunnya belanja pemerintah serta investasi.

Laporan tersebut  mengatakan produk domestik bruto AS hanya meningkat 1,1 persen pada kuartal kedua, tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi  dari pertumbuhan kuartal pertama sebesar  0,8  persen namun lebih rendah dari perhitungan perkiraan sebelumnya di 1,2 persen.

United States GDP Growth Rate

Kantor statistik nasional Amerika  mengatakan pertumbuhan berdasarkan perkiraan yang kedua ini lebih lambat dari yang diperkirakan sebelumnya, selain dipicu oleh menurunnya belanja pemerintah dan investasi juga penurunan atas harga impor negeri tersebut.

Sementara itu, ekspor meningkat  1,2 persen atau lebih lambat  dari 1,4 persen dalam estimasi awal sedangkan  impor naik 0,3 persen melebihi penurunan 0,4 persen pada perkiraan sebelumnya.

Namun dalam periode tersebut pertumbuhan ekonomi yang terjadi disumbang meningkatnya investasi tetap non-perumahan dan belanja konsumen. Untuk belanja konsumen melonjak naik 4,4 persen dibandingkan dengan laporan awal  4,2 persen melompat dari  kenaikan 1,6 persen pada kuartal pertama.

H Bara/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here