Pasar Pusatkan Perhatian Ke Jackson Hole Malam Ini

231

Bursa saham Asia turun menjelang pidato Ketua Federal Reserve Janet Yellen yang mungkin akan menjelaskan prospek suku bunga AS.

Nanti malam Yellen akan berbicara di pertemuan tahunan bank sentral di Jackson Hole, Wyoming, dimana para investor akan meneliti komentar dia tentang keadaan tingkat ekonomi dan bunga. Jackson Hole telah menjadi pusat perhatian pasar yang besar yang hanya terjadi sekali dalam satu dekade terakhir.

Indeks harga konsumen Jepang yang diumumkan hari ini, turun 0,5 persen bulan lalu dari tahun sebelumnya, melebihi penurunan 0,4 persen yang diperkirakan oleh analis. Pengukur kepercayaan konsumen di Jerman dan AS juga dijadwalkan untuk dirilis hari ini, sedangkan U.K. akan melaporkan angka produk domestik bruto untuk kuartal keduanya.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,3 persen pada 13:38 di Tokyo waktu, menuju 0,4 persen penurunan mingguan. Indeks Topix Jepang turun 0,8 persen di tengah perdagangan volume yang sekitar 25 persen di bawah rata-rata. Indeks Hang Seng Hong Kong dan Shanghai Composite Index menguat, sementara benchmark menurun di Australia dan Korea Selatan.

The Bloomberg Dollar Spot Index, yang mengukur greenback terhadap 10 mata uang utama, tergelincir 0,1 persen untuk hari kedua, masih di jalur untuk kemajuan mingguan 0,3 persen. Ketua The Fed Dallas Robert Kaplan, hari Kamis kemarin mengatakan bahwa laju kenaikan suku bunga di AS harus “sabar dan bertahap” untuk membatasi dampak pada dolar, sementara rekannya dari Kansas City mengatakan itu sudah waktunya untuk pindah.

Yen diperdagangkan pada 100,49 per dolar, ditetapkan untuk penurunan mingguan 0,3 persen. Bulan kelima berturut-turut penurunan harga konsumen menggarisbawahi tantangan yang dihadapi Bank of Japan, yang menggunakan stimulus moneter yang belum pernah terjadi sebelumnya karena target tingkat inflasi sebesar 2 persen.

Pound Inggris menuju kemajuan mingguan 1 persen, didukung oleh tanda-tanda ekonomi U.K. terbukti tangguh di bangun dari suara Brexit. kepercayaan konsumen U.K. naik paling dalam lebih dari tiga tahun bulan ini, laporan menunjukkan hari Jumat.

Rand Afrika Selatan anjlok hampir 5 persen minggu ini setelah Menteri Keuangan Pravin Gordhan dipanggil polisi yang memicu spekulasi pemerintah sedang mencari untuk menggantikannya.

Minyak mentah sedikit berubah pada $ 47,28 per barel, ditetapkan untuk penurunan mingguan pertama bulan ini. Ini naik 1,2 persen pada sesi terakhir setelah Menteri Energi Arab Saudi mengatakan bahwa pembekuan produksi akan positif bagi pasar dan Iran mengonfirmasi kehadirannya pada pertemuan informal dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak di Algiers bulan depan.

Harga emas berada di dekat terendah dalam satu bulan, setelah jatuh minggu ini karena spekulasi yang dibangun bahwa AS akan menarik rencana kenaikan tarif tahun ini.
Zinc naik sebanyak 1,3 persen di London ke level tertinggi sejak Mei 2015.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here