Bursa Eropa 29 Agustus Bergerak Lemah Tertekan Penguatan Dollar AS

304

Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih rendah pada Senin (29/08) tertekan penguatan dolar AS setelah komentar hawkish dari Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen dalam pidatonya pada Jumat pekan lalu.

Indeks DAX berada pada 10.472,27, turun -115,50 poin atau -1,09%

Indeks CAC berada pada 4.393,69, turun -48,18 poin atau -1,08%

Indeks IBEX 35 berada pada 8.577,50, turun -82,00 poin atau -0,95%

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun 0,59 persen.

London FTSE 100 ditutup untuk libur publik.

Yellen mengatakan, kesempatan untuk kenaikan suku bunga telah “diperkuat dalam beberapa bulan terakhir” menunjuk ke arah “kinerja yang solid” dari pasar tenaga kerja dan pandangan positif pada kegiatan ekonomi, di pidato di Jackson Hole, pertemuan tahunan para bankir bank sentral pada hari Jumat.

Lihat : Fed Yellen : Kesempatan Kenaikan Suku Bunga AS Telah Menguat

Demikian juga Wakil Ketua The Fed, Stanley Fischer, mendukung pandangan Yellen dalam sebuah wawancara dengan CNBC. Ditanya apakah mungkin ada kenaikan suku bunga bulan depan dan lebih dari satu tahun ini, Fischer mengatakan bahwa komentar Yellen adalah “konsisten dengan menjawab ya untuk kenaikan kedua”.

Lihat : Fed Fischer : Laporan Pekerjaan Berikutnya Menjadi Kunci Kenaikan Suku Bunga

Pasar Asia juga sebagian besar lebih rendah memberikan sentimen negatif ke Eropa. Dolar AS yang lebih kuat, yang didukung oleh komentar Yellen ini, juga membebani harga minyak dan kemungkinan untuk meredam sentimen investor di Eropa.

Dalam berita saham individu, saham Perancis Alstom rally setelah perusahaan teknik dianugerahi $ 2 miliar kontrak oleh Amtrak untuk memasok kereta api berkecepatan tinggi baru.

Saham Roche bereaksi positif setelah raksasa farmasi Swiss mengatakan menerima penggunaan otorisasi darurat untuk uji virus Zika oleh Food and Drug Administration (FDA) AS.

Perusahaan minyak Norwegia utama Statoil mengumumkan rencana untuk memotong biaya di lapangan minyak Sverdrup sekaligus meningkatkan output. Saham perusahaan yang lebih tinggi.

Dan Financial Times melaporkan bahwa Polandia PZU yakin tentang mencapai kesepakatan untuk membeli Pekao Bank UniCredit ini pada akhir Oktober, mengirimkan saham di pemberi pinjaman Italia lebih tinggi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa berpotensi melemah terbatas dengan penguatan dollar AS. Namun juga akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here