Outlook Aussie Dollar Pekan Ini (29 Agustus – 2 September)

394

Pergerakan kurs aussie dollar sepanjang perdagangan pasar forex pekan lalu kembali melemah  secara mingguan lanjutkan pelemahan pekan sebelumnya. Lemahnya aussie pekan lalu lebih dominan dipengaruhi momentum kekuatan dollar AS setelah  US Federal Reserve melalui Janet Yellen dan Stanley Fischer optimis kenaikan Fed rate lanjutan akan dilakukan tahun ini.

Lihat: Fundamental Dollar AS Pekan Ini Bearish

Selain sentimen penguatan dollar AS, pelemahan aussie  pekan lalu juga dipengaruhi oleh perkembangan harga komoditas yang lemah merespon anjloknya harga minyak mentah cukup signifkan pekan lalu. Namun pekan lalu aussie sedikit menerima sentimen positif dari pernyataan gubernur RBA yang tidak akan menurunkan suku bunganya lagi sampai akhir tahun.

Lihat: Vibiz Economic Calender

Untuk pergerakan aussie pekan ini  terdapat data fundamental yang cukup penting dan signfikan baik dari dalam negeri juga dari negeri Tiongkok sebagai mitra dagang besarnya. Beberapa data penting perlu diperhatikan seperti Building Approvals, Chinese Manufacturing PMI, Private Capital Expenditure, Retail Sales. Semua data tersebut diperkirakan menunjukkan data yang positif kecuali data Chinese Caixin Manufacturing PMI dan Commodity Prices yang memberi tekanan.

Secara teknikal pekan lalu terpantau melemah ke level 0.7560. Range minggu ini akan berada di antara support level di 0.7487 dan 0.7411, sementara resistance level di 0.7685 dan 0.7752.

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here