Bursa Eropa 30 Agustus Bergerak Naik Mengikuti Bursa Wall Street dan Asia

362

Bursa Saham Eropa bergerak naik untuk perdagangan hari Selasa (30/08), mengikuti tren positif yang terjadi di bursa AS dan Asia pada awal pekan ini.

Indeks STOXX 600-Pan Eropa dibuka 0,17 persen lebih tinggi dengan sebagian besar sektor di wilayah positif kecuali untuk sumber daya dasar dan minyak dan gas.

Indeks FTSE berada pada 6.839,23, naik 1,18 poin atau 0,02%

Indeks DAX berada pada 10.638,36, naik 93,92 poin atau 0,89%

Indeks CAC berada pada 4.469,39, naik 45.14 poin atau 1,02%

Indeks IBEX 35 berada pada 8.676,80, naik 60,40 poin atau 0,70%

Penambang berada di antara saham dengan kinerja terburuk pada indeks dengan saham Antofagasta turun 3,2 persen, saham Glencore dan Randgold Resources turun sekitar 2,9 persen dan saham Rio Tinto, Fresnillo dan BHP Billiton melihat penurunan yang serupa. Sebagai sektor, saham sumber daya dasar turun 2 persen.

Saham minyak dan gas adalah 0,3 persen lebih rendah meskipun kenaikan tentatif harga minyak karena dolar melemah.

Pasar Eropa memulai hari perdagangan pada pijakan positif mengikuti pasar global. Pasar Asia melihat rebound pada Selasa karena saham Jepang membalikkan kerugian awal setelah rilis data pengeluaran rumah tangga, pengangguran dan penjualan ritel.

Pasar AS, juga ditutup lebih tinggi pada Senin karena investor memandang ke depan untuk data pekerjaan utama pada hari Jumat yang diharapkan mempengaruhi tingkat kenaikan berikutnya suku bunga Federal Reserve AS, yang bisa datang pada bulan September.

Ketua Fed Janet Yellen memberikan pidato Jumat lalu di simposium ekonomi di Jackson Hole, Wyoming, di mana ia positif pada prospek ekonomi AS tetapi menambahkan bahwa Fed akan seksama memperhatikan data non-farm payroll sebagai indikator kunci dari kesehatan ekonomi AS.

Dalam berita bisnis, saham Hershey turun tajam setelah-jam perdagangan AS setelah Mondelezsaid saingannya menjauh dari pembicaraan pengambilalihan, setelah gagal menyepakati harga untuk pembuat cokelat tersebut.

Sore nanti akan dirilis data ekonomi Zona Eropa, yaitu Unemployment Rate Juli yang diindikasikan menurun, juga data Inflasi Flash Agustus yang diindikasikan naik.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif mengikuti bursa Asia dan AS, juga jika hasil data ekonomi baik maka akan memberikan penguatan bagi bursa Eropa.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here