Bisnis ANTM Berhasil Keluar Dari Kerugian, Sahamnya Jadi Kuat

325

Jelang akhir perdagangan bursa saham hari Rabu (31/8), pergerakan saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) bergerak kuat setelah perdagangan sebelumnya flat setelah alami tekanan jual selama 3 hari berturut. Saham ANTM rebound menerima sentimen positif dari kinerja keuangan perseroan yang pulih kembali setelah tahun sebelumnya periode semester I merugi.

ANTM melaporkan sepanjang 6 bulan pertama tahun ini berhasil mencetak untung meskipun penjualan emas dan feronikelnya menurun. Laba bersih yang didapat perseroan dalam periode tersebut mencapai Rp11 miliar sedangkan kerugian tahun sebelumnya sebesar Rp396 miliar. Disaat omset perseroan menurun namun perusahaan tetap untung dikarenakan penghematan biaya produksi cukup ketat.

Melihat omset perseroan pada periode tersebut, Antam pernah melaporkan  penjualan  feronikel menurun dari 11307 ton pada semester I-2015 menjadi 8.092 ton pada semester I-2016 sedangkan penjualan emas juga turun dari 10.996 kg menjadi 5.392 kg semester I-2016.

Untuk pergerakan harga sahamnya pada lantai bursa perdagangan saham Rabu (31/8) saham ANTM dibuka pada level 715 dan naik ke 720 setelah pada penutupan perdagangan sebelumnya berada pada level 715. Hari ini  saham banyak diburu oleh investor asing dan  volume saham yang diperdagangkan mencapai 435 ribu  lot saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham ANTM  perdagangan sebelumnya bearish dengan indikator MA  masih  bergerak turun, namun indikator Stochastic berusaha naik ke area tengahnya.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak datar dengan posisi +DI bergerak turun  yang menunjukan pergerakan ANTM dalam penguatan terbatas. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, rekomendasi trading berikutnya pada target level support di level 710 dan level resistance di 745.

Lens Hu/VMN/VB/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here