Bursa Shanghai 31 Agustus Berakhir Positif, Bukukan Lonjakan Bulanan 3 Persen

582
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Rabu (31/08), indeks Shanghai berakhir naik 10,81 poin, atau 0,35 persen, ke 3085.48. Penguatan indeks Shanghai terdorong aksi beli saham-saham blue chip yang menstabilkan pasar.

Untuk bulan Agustus, indeks Shanghai bukukan hasil lonjakan 3,4 persen, sebagian besar terdorong harapan agar stimulus dikeluarkan pemerintah Beijing merespon data ekonomi yang lemah. Penguatan juga didorong dengan disetujuinya jalur perdagangan saham Hong Kong – Shenzen.

Lihat : Indeks Shanghai 31 Agustus Dibuka Datar

Hampir 3.000 perusahaan yang terdaftar di Tiongkok telah melaporkan hasil laporan pendapatan setengah tahun, yang membukukan penurunan 5,5 persen pada laba bersih gabungan mereka, menurut pengumuman resmi China Securities Journal.

Namun dengan dukungan dari banyak investor, tiga-perlima dari perusahaan melaporkan pertumbuhan pendapatan, dimana sektor besar seperti baja dan batubara menunjukkan tanda-tanda pemulihan sementara.

“Semua orang mengatakan ekonomi buruk, tetapi jika Anda melihat perusahaan hasil terdaftar, mereka tidak seburuk yang telah diperkirakan,” kata David Dai, yang Direktur Investasi Nanhai Fund Management Co yang berbasis di Shanghai. 

Investor menarik kepercayaan dari pengungkapan perusahaan bahwa sekelompok investor yang didukung negara pada semester pertama meningkatkan kepemilikan dalam berbagai saham kapital besar termasuk PetroChina, Bank of Communications, Agricultural Bank of China dan CRRC Corp.

Sentimen juga dibantu oleh lonjakan di sektor properti. Saham Vanke melonjak 10 persen di Shanghai di tengah berita bahwa Nexus Capital telah meningkatkan kepemilikan sahamnya yang terdaftar di Bursa Hong Kong.

Esok hari akan dirilis data ekonomi NBS Manufacturing PMI Agustus yang diindikasikan stabil, data Non Manufacturing PMI Agustus yang diperkirakan menurun, data Caixin Manufacturing PMI Agustus yang diindikasikan menurun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak lemah jika data ekonomi terealisir melemah. Namun perlu dicermati jika pelemahan tersebut membangkitkan harapan stimulus, maka akan menguatkan bursa. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2984-2888 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3160-3257.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here