Inflasi Zona Eropa Agustus Masih Dibawah Target ECB

311

Eurostat merilis inflasi konsumen zona Eropa, Rabu (31/08) dengan pembacaan tahunan 0,2% untuk Agustus, tidak berubah dari tingkat Juli dan sedikit di bawah yang diharapkan 0,3% berdasarkan perkiraan konsensus.

Tingkat inflasi juga hanya sedikit di atas 0,1% yang tercatat untuk bulan Agustus 2015, mempertahankan kekhawatiran ECB untuk ketidakmampuan menaikkan tingkat inflasi.

Tingkat inflasi inti juga diperkirakan menurun menjadi 0,8% dari 0,9% sebelumnya dan ini juga akan menjadi sedikit lebih rendah dari 0,9% terlihat untuk Agustus 2015.

Harga energi diperkirakan menurun 5,7% dibanding tahun dengan tingkat untuk barang-barang industri non-energi sebesar 0,3% dari 0,4% pada bulan Juli. Tingkat inflasi sektor jasa diperkirakan menurun menjadi 1,1% dari 1,2% yang juga akan lebih rendah dari 1,2% yang tercatat di Agustus 2015.

ECB akan tetap mencermati tren inflasi yang tidak nyaman dengan tingkat inflasi masih jauh di bawah target tingkat bawah tapi dekat dengan 2%.

Bank sentral juga sangat prihatin atas dampak inflasi berkepanjangan rendah pada ekspektasi inflasi dan risiko tekanan deflasi. Ada akan menjadi fokus penting pada negosiasi upah 2017 dan ECB akan ingin laju inflasi secara signifikan lebih tinggi sebelum itu untuk mencegah tekanan lebih lanjut pada penetapan upah.

Tingkat inflasi yang rendah pasti akan menjadi fokus utama pada pertemuan kebijakan ECB minggu depan dengan bank sentral di bawah tekanan untuk mengumumkan langkah-langkah stimulus moneter lebih lanjut untuk membantu mendorong tingkat inflasi yang lebih tinggi.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here