Optimisme Konsumen AS Agustus Naik Tertinggi 11 Bulan

294

Optimisme konsumen AS menguat ke 101,1 untuk Agustus dari revisi bawah 96,7 sebelumnya. Ini juga lebih kuat dari pembacaan yang diharapkan dari 97,2 untuk bulan ini dan merupakan pembacaan tertinggi sejak September 2015.

Data keseluruhan lebih meningkatkan kepercayaan Federal Reserve di pasar tenaga kerja dan prospek belanja konsumen, meningkatkan potensi untuk untuk meningkatkan suku bunga di bulan September.

Indeks situasi sekarang meningkat menjadi 123,0 dari 118,8 sedangkan indeks ekspektasi juga meningkat secara signifikan untuk 86.4 dari 82.0 sebelumnya.

Dalam melihat kondisi saat ini, ada peningkatan yang menyatakan bahwa kondisi bisnis yang baik sedikit lebih baik dibandingkan jumlah kondisi yang menyatakan buruk. Indikator pasar kerja dicampur dengan peningkatan yang signifikan pada mereka yang menyatakan pekerjaan berlimpah untuk 26,0% dari 23,0%, meskipun jumlah yang menyatakan bahwa sulit untuk mendapatkan pekerjaan juga beringsut lebih tinggi menjadi 23,4% dari 22,1%.

Ada juga sikap yang lebih optimis terhadap prospek dengan mereka yang memperkirakan kondisi bisnis untuk meningkat naik ke 17,3% dari 15,7%, sedangkan proporsi yang memperkirakan kemerosotan bergerak lebih rendah menjadi 11,1% dari 12,4%. Berkenaan dengan pasar tenaga kerja, prospek sedikit lebih menguntungkan dengan penurunan jumlah yang memperkirakan pekerjaan yang lebih sedikit.

Ada juga ayunan meningkatnya kepercayaan sekitar  pendapatan pribadi, dengan peningkatan proporsi yang memperkirakan peningkatan pada 18,8% dari 17,1% dengan penurunan kecil dalam jumlah yang memperkirakan pendapatan menurun.

Data keseluruhan mendukung kepercayaan di pasar tenaga kerja dan menjaga kepercayaan terhadap prospek belanja. Indikator pasar tenaga kerja juga akan menawarkan jaminan kepada Federal Reserve karena menganggap apakah akan menaikkan suku bunga, meskipun bank sentral masih akan ingin memvalidasi dari rilis data tenaga kerja yang akan datang.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here