Saham KAEF Dihukum Bursa Karena Melonjak 100% Lebih

516

Perdagangan saham PT Kimia Farma Tbk (KAEF) yang menguat 112% lebih sejak pertengahan bulan   Agustus hingga hari Selasa (30/8), dihentikan  untuk sementara (suspensi) oleh otoritas bursa saham sejak sesi pertama perdagangan bursa hari Rabu (31/8). Alasan BEI (Bursa Efek Indoenesia) menghentikan perdagangan saham SMBR tersebut dikarenakan kenaikan harga kumulatif saham yang signifikan.

Melihat kinerja keuangannya terakhir, sepanjang 6 bulan pertama tahun 2016 laba bersih yang didapatkan KAEF bertambah dari laba tahun lalu periode yang sama  menjadi  Rp93,59 miliar atau Rp16,85 per saham. Kinerja ini meningkat dari periode serupa tahun sebelumnya yang hanya mendapatkan  Rp77,44 miliar atau Rp13,94 per saham. Meningkatnya kinerja keuangan emiten farmasi BUMN tersebut dibantu oleh bertambahnya pendapatan dari Rp2,11 triliun menjadi Rp2.49 triliun pada periode 6 bulan pertama tahun ini.

Mengamati kinerja saham  PT Kimia Farma Tbk (KAEF) selama 6 bulan pertama tahun ini cukup  mantap seiring dengan kinerja keuangan perseroan. Laju saham KAEF semester I-2016 alami peningkatan 32% dari nilai saham awal tahun demikian juga dengan kinerja keuangan perseroan  ambruk hingga 28% dari periode sama tahun 2015.

Untuk pergerakan sahamnya di lantai perdagangan bursa saham yang terakhir hari Selasa  (30/08), saham KAEF ditutup kuat hingga 5 persen lebih  pada posisi 2980  setelah awal  perdagangan dibuka pada posisi 2850.  Volume saham yang diperdagangkan  mencapai  30,4 juta lembar saham.

Secara teknikal  harga saham KAEF perdagangan sebelumnya bullish  kuat  dengan berbagai indikator menunjukkan posisi yang sangat kuat melebihi teknikal saham-saham yang diperdagangkan lainnya hari itu.

 

Lens Hu/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here