Bursa Saham Tiongkok Naik, PMI Agustus Secara Tak Terduga Naik Menjadi 50,4

318

Sebuah reli oleh saham Cina di Hong Kong tersendat karena merosotnya harga minyak terseret produsen energi, melawan keuntungan oleh perusahaan keuangan setelah membaiknya data ekonomi.

Hang Seng Index China Enterprises naik 0,2 persen pada 10:16 waktu setempat. Harga saham China Petroleum & Chemical Corp turun setelah harga minyak mentah AS turun di bawah $ 45 per barel. China Merchants Bank Co memimpin kenaikan di sektor perbankan. Data PMI bulan Agustus secara tak terduga naik ke level tertinggi dalam hampir dua tahun. Shanghai Composite Index naik kurang dari 0,1 persen.

Rally yang membuat indeks H-share menjadi pemain terbaik di dunia pada bulan Agustus tampak lelah akan kekhawatiran Federal Reserve akan menaikkan suku bunga tahun ini, yang akan meningkatkan biaya pinjaman dan menekan yuan. Data pekerjaan AS yang akan dikeluarkan hari Jumat ini bisa memberikan petunjuk apakah yang pengetatan kebijakan akan datang lebih cepat atau ditunda, sementara investor juga menunggu hasil pertemuan Kelompok 20 di Tiongkok akhir pekan ini.

Hang Seng Index China Enterprises turun ke 9,526.81. Indeks Hang Seng naik 0,2 persen.
Data PMI Tiongkok naik menjadi 50,4 pada bulan Agustus, tingkat tertinggi sejak Oktober 2014, melampaui bulan Juli 49,9 dan mengalahkan semua perkiraan para ekonom.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here