Dollar AS 1 September Banyak Menerima Sentimen Negatif

358

Di tengah perdagangan forex sesi Asia hari pertama bulan September (1/9), dollar AS masih bergerak terbatas dan melemah. Terpantau di pasar spot dollar melemah terhadap semua rival utamanya termasuk dengan kurs komoditas meskipun harga minyak mentah sedang tertekan.

Pelemahan dollar AS pada pagi ini disebabkan oleh kehati-hatian pasar menanti data NFP yang akan dirilis esok hari, dimana data ini dapat memperkuat sinyal kenaikan Fed rate atau nantinya akan memudarkan sinyal tersebut. Jika data NFP tidak seperti yang diharapkan maka sinyal kenaikan Fed rate akan hilang kembali, demikian sebaliknya.

Untuk pergerakan hari ini dollar AS diperkirakan menerima sentimen negatif dari data ekonomi AS yang akan dirilis pada sesi malam seperti data unemployment claims dan juga data kinerja manufaktur PMI menurut versi pemerintah dan juga swasta. Demikian dari sisi fundamental rivalnya hari ini diperkirakan akan ditekan oleh kuatnya fundamental rival-rivalnya seperti euro dan poundsterling.

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap enam mata uang utama perdagangan bergerak lemah  setelah awal perdagangan sesi Asia dibuka  flat pada posisi 95.99  dan pagi ini bergerak  pada posisi  95.96. Perdagangan sebelumnya dollar melemah dan turun 0,04 persen.

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here