Rupiah Kamis Siang Masih Kecewakan Bursa Saham

256

Hingga perdagangan pasar valas akhir sesi Asia (1/9), kurs rupiah masih bergerak negatif terhadap dollar AS. Padahal kondisi dollar AS di pasar spot sedang melemah terhadap beberapa rival utamanya dan kurs referensi BI juga sedang dikuatkan.  Siang ini pergerakan rupiah dipengaruhi oleh data BPS yang menyebutkan terjadi deflasi pada bulan Agustus.

Lihat: Harga Pulsa Turun, Deflasi Agustus Terendah Dalam 15 Tahun

Pergerakan rupiah yang terus melemah membuat modal investor asing banyak keluar  bursa saham  hingga mencetak net sell  Rp160 miliar lebih.  Aksi jual saham yang terus terjadi sejak awal pekan dan profit taking investor lokal membuat  IHSG turun 0,9%.

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi  ini bergerak negatif dengan posisi penurunan 0,05% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13276/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13275/US$.  Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini  kembali diperkuat.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperkuat   ke  13269  dari  posisi 13300 perdagangan hari Selasa (30/08),  sedangkan kurs transaksi antar bank menguat  ke posisi 13335  setelah perdagangan sebelumnya 13367.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi melemah pada akhir perdagangan  oleh momentum penguatan dollar AS, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13295 dan  resistance di 13235.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here