3 Saham Tambang Top Yang Gagal Serang IHSG Akhir Pekan

627

Mengakhiri perdagangan saham  akhir pekan pertama bulan September (2/9),  Indeks Harga Saham Gabungan  berhasil rebound oleh bargain hunting pasar khususnya investor asing merespon penguatan rupiah. Di sesi terakhir aliran modal asing mulai membanjiri bursa setelah sempat di sesi pertama profit taking asing mendominasi, namun akhirnya dengan net buy asing sebesar Rp29,5 miliar mengangkat IHSG akhir pekan.

IHSG ditutup naik  0,4  persen pada posisi  5353.46, demikian  indeks LQ 45naik 0,4  persen pada 919.  Penguatan  IHSG hari ini diangkat  oleh bangkitnya  9  sektor saham yang dipimpin oleh  sektor properti dan sektor aneka industri yang naik 1,34% dan 0,94% masing-masing.

Lihat: IHSG Akhir Pekan Siap Liburan, Rebound Oleh Sektor Property

Saham – saham unggulan yang angkat tinggi  9  sektor tersebut hingga  masuk zona hijau  seperti saham BSDE, ASRI, ADHI, WIKA, ASII, SMGR, INTP, JSMR, PGAS, TBIG, EXCL, TLKM, MNCN, UNTR, AALI, LSIP, GGRM, UNVR, BMRI dan ITMG. Sedangkan saham unggulan yang berusaha merahkan sektor-sektor tersebut yaitu  saham PTPP, CPIN, BMTR, ICBP, KAEF, BBRI, dan BBTN.

Sedangkan sektor yang merah sendiri yaitu sektor mining yang anjlok hingga 0,40 persen dengan tekanan merah saham-saham unggulannya seperti saham INCO, PTBA dan ADRO. Namun terdapat saham unggulan yang hijau di sektor tersebut yairu saham ITMG.

Lens Hu/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here