ISM : Manufaktur AS Agustus Turun Terendah 6 Bulan

361

Indeks manufaktur ISM AS turun menjadi 49,4 untuk bulan Agustus dari 52,6 bulan sebelumnya dan juga secara signifikan lebih lemah dari perkiraan konsensus 52,0. Ini adalah kontraksi pertama sejak Februari 2016 dan pembacaan terendah sejak Januari. Akan ada keraguan baru sekitar manufaktur, meskipun dampak berkelanjutan akan terbatas jika ada laporan pekerjaan yang kuat pada hari Jumat.

Pesanan baru juga dicelupkan ke dalam wilayah negatif dengan penurunan ke 49,4 dari 56,9 sebelumnya, sementara produksi turun menjadi 49,6 dari 55,4. Ada juga penurunan untuk pesanan backlog untuk 45,5 dari 48,0. Melihat pesanan baru hanya 6 dari 18 industri melaporkan peningkatan pesanan untuk bulan.

united-states-business-confidence (5)

Indeks kerja tetap di bawah level 50,0 di 48,3 dari 49,4 dengan persediaan juga menurun untuk bulanan, sedangkan indeks pengiriman pemasok berada di 50,9 dari 51,8 sebelumnya.

Ada penurunan impor, sementara pesanan ekspor di wilayah ekspansi untuk bulan keenam berturut-turut.

Indeks harga turun menjadi 53,0 dari 55,0, meskipun tetap di atas level 50,0 selama enam bulan terakhir. Ada juga laporan dari kesulitan dalam merekrut staf.

Data akan memicu keraguan baru seputar prospek manufaktur, meskipun komentar dari responden survei muncul lebih optimis dari data akan menyarankan. Mungkin juga ada beberapa keraguan atas penyesuaian musiman, yang telah menjadi masalah di rilis sebelumnya.

Pada margin, akan keraguan baru sekitar tingkat kenaikan Fed, meskipun kenaikan tarif Desember 2015 datang ketika indeks manufaktur ISM berada di wilayah kontraksi.


Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here