Saham ICBP Akhir Pekan Dijualin Investor Asing Belasan Miliar

497

Jelang akhir perdagangan bursa saham pekan ini (1/9), pergerakan saham PT Indofood Sukses Makmur Tbk. (INDF) retreat cukup parah oleh profit taking khususnya oleh  investor asing setelah 2 hari berturut rally hingga mencapai posisi terkuat sejak IPO. Setelah melaporkan kinerja keuangannya 2 pekan lalu saham terus bergerak bullish dan telah menguat 8 persen lebih.

Melihat kembali kinerja keuangan perseroan, laba bersih yang dicapai ICBP  sepanjang semester I/2016 sebesar Rp1,98 triliun sedangkan periode yang sama tahun sebelumnya  hanya Rp1,74 triliun. Naiknya margin laba bersih ICBP menjadi 10,9% disumbang oleh meningkatnya bisnis penjualan mi instan, dimana dalam periode tersebut  penjualan bersih  Rp18,18 triliun sedangkan periode yang sama tahun 2015 hanya Rp16,55 triliun.

Untuk pergerakan sahamnya di lantai perdagangan bursa saham hari Jumat (1/9), saham ICBP dibuka  flat pada posisi 10000 dan bergerak lemah  sangat signfikan ke posisi 9625. Saham lemah lebih dari  3 persen   dengan volume perdagangan saham sudah   mencapai 40 ribu  lot  saham. Hingga sore ini tarikan modal asing mencapai net sell Rp15,7 miliar.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham ICBP perdagangan sebelumnya bullish  dengan indikator MA  bergerak naik dan  indikator Stochastic bergerak konsolidasi di  area jenuh beli.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak datar  dengan  +DI yang  bergerak naik  juga   menunjukan pergerakan ICBP rawan koreksi.  Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi rekomendasi trading selanjutnya  pada target level support di level 9600 hingga target resistance di level 1025.

Lens Hu/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here