Bursa Seoul 5 September Ditutup Naik 1 Persen Terdukung Lonjakan Won

511
indeks kospi

Pada penutupan perdagangan bursa saham Korea Selatan awal pekan Senin (05/09), indeks Kospi berakhir naik 21,77 poin, atau 1,07 persen, ke 2,060.08Penguatan indeks Kospi terdurung kenaikan signifikan mata uang Won .

Lihat : Indeks Kospi 5 September Dibuka Naik Terdukung Penguatan Wall Street dan Won

Mata uang Won semakin menunjukkan keperkasaannya setelah dukungan sentimen positif.

Nonfarm payrolls AS untuk bulan Agustus datang di 151.000 pekerjaan baru, lebih buruk dari perkiraan 180.000. Laporan payrolls adalah salah satu kunci bagi The Fed dan jumlah yang lemah dapat mendorong bank sentral untuk menunda laju kenaikan berikutnya di luar bulan ini.

Lihat : Non Farm Payrolls AS Agustus Melambat, Pudarkan Harapan Kenaikan Suku Bunga September

Sebelumnya pekan lalu. mata uang Won dikuatkan hasil positif pertumbuhan ekonomi Korea Selatan kuartal kedua.

Ekonomi Korea Selatan meningkat pada kuartal kedua dari tiga bulan sebelumnya pada meningkatnya permintaan lokal dan ekspor, demikian data bank sentral, Jumat (02/09).

Pada periode April-Juni, produk domestik bruto Korea Selatan diperluas 0,8 persen dari kuartal sebelumnya, tumbuh dari 0,5 persen ekspansi pada kuartal pada periode Januari-Maret, menurut data awal dari Bank of Korea.

Lihat : Pertumbuhan Ekonomi Korea Selatan Q2 Rebound

Pada perdagangan saham bursa Korea Selatan, saham bermasalah Hanjin Shipping turun 13,71 persen, menapak jauh dari penurunan awal lebih dari 22 persen ketika perdagangan dibuka kembali setelah suspensi enam hari. Perusahaan pelayaran Korea Selatan ini juga mengajukan perlindungan kebangkrutan di AS untuk mencegah kreditur dari merebut kapal, Wall Street Journal melaporkan.

Saham Samsung Electronics naik 0,56 persen setelah merosot 3 persen pekan lalu ketika pembuat smartphone mengumumkan penarikan produk terbaru, Galaxy Note 7, karena baterai rawan kebakaran.

Sedangkan untuk indeks kospi berjangka terpantau naik 3,25 poin atau 1,27% pada 259.80, naik dari posisi penutupan sebelumnya pada 256.55.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya indeks Kospi akan bergerak positif dengan pudarnya harapan kenaikan suku bunga AS. Indeks Kospi diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 256.61-253.64 dan kisaran Resistance 262.56-265.65.


Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here