MSCI Asia Pacific Index Naik 1,3 Persen Didukung Hongkong Dan Kinerja Emiten Jepang

436
Vibizmedia Photo

MSCI Asia Pacific Index naik 1,3 persen pada 14:24 waktu Tokyo. Indeks Hang Seng menguat 1,8 persen, dipimpin oleh saham properti setelah data menunjukkan penjualan rumah di kota naik ke tertinggi 14-bulan sampai Agustus. Bursa Efek Thailand Index turun 1,4 persen menyusul kondisi kesehatan raja yang sudah berumur 88 tahun, yang telah menjadi sumber stabilitas politik Thailand.

Indeks Topix Jepang naik 0,4 persen setelah yen menguat hari Jumat lalu. Toyota Motor Corp naik ke tertinggi sejak Februari di Tokyo dan Sony Corp naik ke level yang lebih tinggi dari yang pernah dicapai di bulan November tahun lalu.

Saat ini para pemimpin dari Kelompok 20 sedang berkumpul menghadiri pertemuan puncak tahunan yang diselenggarakan di Hangzhou, Tiongkok.

The Bloomberg Dollar Spot Index, yang mengukur greenback terhadap 10 mata uang utama, turun 0,3 persen setelah naik tipis 0,1 persen pada sesi terakhir.

Kiwi, yang menawarkan yield tertinggi di antara Kelompok 10 mata uang, naik 0,7 persen, dan dolar Australia naik 0,4 persen. Won Korea Selatan memimpin kenaikan di Asia dengan kenaikan sebesar 1 persen.

Yen Jepang naik 0,4 persen, setelah meluncur 2 persen pekan lalu. Kuroda mengatakan hari Senin bahwa beberapa saran kebijakan tidak dapat dilakukan secara legal atau tidak harus dilakukan, seperti underwriting obligasi pemerintah dan memonetisasi defisit fiskal.

Minyak mentah jatuh sebanyak 0,9 persen di New York setelah Arab Saudi dan Rusia berhenti menawarkan rencana rinci untuk menstabilkan harga minyak setelah Deputi Putra Mahkota Mohammed bin Salman dan Presiden Vladimir Putin bertemu di Tiongkok pada hari Minggu. Harga melonjak 3 persen pada hari Jumat, terburuk dalam dua minggu, setelah Putin mengatakan ia ingin OPEC dan Rusia setuju untuk mengusulkan rencana tersebut kepada pemimpin Arab saat mereka bertemu.

Emas diadakan di dekat level tertinggi dalam lebih dari seminggu, setelah rally 0,9 persen pada hari Jumat setelah data payrolls.

Aluminium naik di London dari penutupan terendah sejak Juli setelah Presiden AS Barack Obama dan Presiden Tiongkok Xi Jinping membahas langkah-langkah untuk mengatasi kelimpahan cadangan baja dan aluminiun secara global. Demikian juga dengan timbal, timah dan seng diperdagangkan mendekati level tertinggi dalam lebih dari satu tahun.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here