Pertumbuhan Sektor Jasa Jerman Agustus Terendah 3 Tahun

377

Pembacaan akhir untuk indeks Markit PMI sektor jasa Jerman bukan Agustus menurun tajam menjadi 51,7 dari pembacaan awal 53,3 dan 54,4 untuk bulan Juli dengan pasar memperkirakan pembacaan tidak berubah. Ini merupakan angka terendah sejak Juli 2013.

Hasil ini membuat keraguan lebih lanjut seputar prospek Jerman secara keseluruhan, terutama karena lingkungan makro menunjukkan kinerja harus kuat.

germany-services-pmi (2)

Ini adalah pembacaan terlemah selama 37 bulan dan juga di bawah rata-rata jangka panjang 53,1. Ada juga penurunan komponen harapan untuk bulan keempat berturut-turut dan tingkat terendah sejak Oktober 2015.

Indeks komposit produksi jatuh ke level terendah 15-bulan 53,3 dari 55,3 pada bulan Juli. Masukan tambahan pesanan baru jasa adalah yang terlemah dalam lebih dari 12 bulan, meskipun hal itu terus di wilayah positif.

Kerja terus berkembang, yang akan membantu kepercayaan diri dalam jangka pendek, meskipun itu tingkat paling lambat dari kenaikan selama tiga bulan dan ketertiban backlogs turun untuk bulan kedua berturut-turut. Perlambatan lebih lanjut dalam rangka pemasukan dapat menyebabkan lebih banyak tekanan yang signifikan untuk mengekang pertumbuhan lapangan kerja.

Harga input terus meningkat untuk bulanan, meskipun sedikit moderat dari tinggi 32-bulan tercatat untuk bulan Juli, sementara harga produksi naik hanya sedikit di bulan ini.

Mengingat lingkungan dari pasar tenaga kerja yang kuat secara keseluruhan, meningkatnya pendapatan dan tingkat suku bunga yang sangat rendah, akan ada kejutan lebih lanjut bahwa sektor jasa Jerman melemah. Akan cenderung berdampak negatif pada kepercayaan zona euro yang lebih luas, terutama mengingat laju perlambatan dari Juli.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here