Bursa Saham Jepang Menguat Didukung Kinerja Sektor Perbankan Dan Asuransi

465

Saham Jepang naik untuk hari kelima karena yen tetap stabil terhadap dolar dan investor menimbang kemungkinan turunnya stimulus dari bank sentral Jepang.

Indeks Topix naik 0,2 persen ke level 1,346.45 pada 09:38 di Tokyo didukung kenaikan harga saham-saham perbankan dan perusahaan asuransi. Sementara Nikkei 225 naik 0,2% ke level 17,049.63 dan yen diperdagangkan sedikit menguat 0,02% di 103,49, setelah naik 0,5% di hari Senin.

New York Stock Exchange (NYSE), bursa saham Amerika Serikat ditutup untuk liburan Hari Buruh pada hari Senin kemarin. Komentar Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda meninggalkan terbukanya interpretasi bahwa bank sentral Jepang mengarah akan adanya kebijakan moneter. Yen diperdagangkan sedikit berubah terhadap dolar setelah penguatan 0,5 persen Senin.

Sektor perbankan memberikan kontribusi terbesar dalam penguatan indeks Nikkei 225, karena harga saham tiga mega bank Jepang naik. Mitsubishi UFJ Financial Group Inc, naik sebesar 0,8 persen.

Amada Holdings Co tenggelam 5,2 persen setelah surat kabar Nikkei menurunkan laporan keuangan perusahaan pembuat mesin pengerjaan logam ini memotong target payout ratio untuk “setidaknya 50 persen,” dari 100 persen yang disampaikan pada bulan Mei 2014.
Kyowa Hakko Kirin Co adalah pemenang terbesar di Nikkei 225, naik 4,8 persen, setelah uji klinis fase yang ketiga dari obat asma, benralizumab, dinilai berhasil demikian pernyataan dari Nomura Holdings Inc.

Demikian juga dengan kinerja sektor produsen energi pada indeks Topix, naik didukung harga saham Idemitsu Kosan Co yang naik 2,1 persen.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here