Kekuatan Rupiah Selasa 6 September Buat IHSG Rally

425

Di tengah perdagangan pasar valas spot sesi Eropa (6/9) dan sekaligus mengakhiri perdagangan valas antar bank di Indonesia, rupiah  masih bergerak sangat kuat  yang disebabkan oleh pelemahan dollar AS terhadap banyak rivalnya termasuk kurs kawasan Asia.

Semakin kuatnya rupiah hingga akhir perdagangan bursa saham sore ini memberikan dorongan asing menambah modalnya di bursa saham dengan net buy Rp155 miliar.  Dan aksi beli saham oleh investor asing tersebut ikut menyumbang tenaga bagi penguatan  IHSG awal pekan  hingga 0,3%.

Lihat: IHSG Selasa 6 September Nyaris Dimerahkan 5 Saham Unggulan

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore  ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,22% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13127/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13155/US$. Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini  kembali diperkuat.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperkuat   ke  13162  dari  posisi 13197 perdagangan hari Senin (5/9),  sedangkan kurs transaksi antar bank menguat  ke posisi 13228  setelah perdagangan sebelumnya 13263.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari   diperkirakan  dibuka positif  oleh suramnya prospek kenaikan Fed rate tahun ini dan tekanan kuat fundamental rival-rivalnya serta ekspektasi buruk dari data ISM Non Manufacturing PMI bulan Agustus.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here