MSCI Asia Pacific Index Naik Ke Tertinggi Satu Tahun, Topix Tertinggi Tiga Bulan

397

Saham energi pimpin kenaikan di MSCI Asia Pacific Index naik ke tertinggi satu tahun dipimpin kenaikan saham-saham energi, sementara indeks Topix Jepang naik ke level tertinggi tiga bulan.

Reserve Bank of Australia diperkirakan akan meninggalkan suku bunga acuan pada rekor rendah pada hari Selasa, setelah memotong biaya pinjaman pada bulan Agustus tahun lalu.
Bursa saham Kanada dan AS melanjutkan perdagangan pada hari Selasa setelah liburan. Komentar Presiden Federal Reserve Bank of San Francisco, John Williams membantu membentuk prospek kebijakan moneter.

MSCI Asia Pacific Index naik 0,2 persen pada 11:27 waktu Tokyo, setelah naik 1,3 persen pada sesi terakhir. Topix naik 0,5 persen, sedangkan benchmark di Singapura dan Taiwan naik 0,7 persen. Indeks Hang Seng Hong Kong dan indeks Kospi Korea Selatan juga berada di dekat tertinggi satu tahun.

The Bloomberg Spot Indeks Dollar juga mantap, setelah tergelincir 0,2 persen pada Senin. Yen melemah sebanyak 0,4 persen sebelum yang kemudian naik menghapus kerugian sebelumnya.

Aussie naik 0,7 persen, kinerja terbaik di antara mata uang utama. RBA diperkirakan akan mempertahankan suku bunga acuan pada 1,5 persen pada pertemuan akhir yang dipimpin oleh Gubernur Glenn Stevens.

Won Korea Selatan dan dolar Taiwan berdua dekat tertinggi dua minggu, setelah sebelumnya naik 0,3 persen.

“Mata uang Asia akan sangat sensitif terhadap komentar dari berbagai pembicara Fed pekan ini,” kata Khoon Goh, kepala riset regional dari Australia & New Zealand Banking Group Ltd di Singapura.

Minyak mentah diperdagangkan pada $ 45,29 per barel di New York, 1,9 persen lebih tinggi dari pada akhir pekan lalu. Harga sempat naik setinggi $ 46,53 pada hari Senin sebelum mundur setelah Rusia dan Arab Saudi – dua produsen terbesar dunia – pembicaraan berakhir di Tiongkok tanpa menyetujui tindakan konkret untuk mendukung harga. Kedua negara akan menghadiri lagi pembicaraan mengenai harga minyak mentah dunia pada bulan September ini di Aljazair bersama produsen utama lainnya. Menteri Energi Rusia Alexander Novak mengatakan hari Senin bahwa mereka berdua melihat bahwa penghentian produksi minyak mentah adalah usulan yang paling konstruktif.

Tembaga naik 0,2 persen di London, sementara timbal, timah dan seng mundur dari seluruh tingkat tertinggi sejak semester pertama tahun 2015.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here