Outlook Emas dan Perak Minggu Ini.

468

Emas dan perak tidak bisa bergerak banyak selama hampir seminggu yang lalu sampai pada hari Jumat ketika laporan nonfarm payrolls mempresentasikan kenaikan yang hanya 151.000 pekerjaan – lebih rendah daripada yang diperkirakan – dan bahkan pertumbuhan tahunan di dalam upah juga kurang – dengan hanya 2.4% setahun, yang merupakan penurunan dalam tingkat pertumbuhan dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Minggu ini event utama adalah keputusan tingkat bunga ECB dan event dan laporan lainnya yang akan diumumkan termasuk keputusan tingkat bunga RBA dan BOC, JOLTS AS, non manufacturing PMI AS, dan laporan employment Kanada.

Laporan NFP terbaru mempengaruhi perkiraan pasar mengenai kemungkinan dari kenaikan tingkat bunga pada tahun ini: pada akhir minggu lalu, probabilita kenaikan tingkat bunga pada bulan September turun menjadi 21% dan untuk bulan Desember kemungkinannya telah turun menjadi 50%. Setelah berita dari nonfarm payrolls harga emas dan perak naik lagi yang memelihara korelasi negatif yang kuat dan signifikan antara kejutan berita utama dengan harga bullion.

Berita ini kemungkinan akan terus beresonansi di pasar keuangan – khususnya di AS – pada awal dari minggu ini. Dan dengan mempertimbangkan tidak adanya laporan utama yang datang dari AS kecuali laporan JOLTS, yang akan memberikan data dari bulan Juli, dan PMI non-manufacturing, laporan NFP yang terakhir kemungkinan akan tetap mendorong turun perlaha-lahan kemungkinan akan kenaikan tingkat bunga pada tahun ini. Buat emas dan perak, berita ini kemungkinan akan menghidupkan lagi permintaan untuk bullion.

Event utama pada minggu ini adalah keputusan tingkat bunga ECB dan pasar tidak memperkirakan ECB akan mengeluarkan langkah kebijakan besar yang baru seperti pemotongan tingkat bunga berikutnya atau menambah sesuatu ke program QE. Kemungkian utama satu-satunya saat ini yang bisa diharapkan adalah perluasan dari program QE ECB. Jika demikian, hal ini akan bisa memberikan sedikit pengaruh buruk terhadap Euro, yang bisa menghimpit rally emas dan perak belakangan ini.

Ringkasnya, emas dan perak kemungkinan akan terpelihara momentum kenaikannya dengan mempertimbangkan pasar sedang memangkas kemungkinan terjadi kenaikan tingkat bunga pada tahun ini umumnya dan di bulan September khususnya. Dan karena pada minggu ini tidak ada berita besar yang datang dari AS, harga bullion kemungkinan melanjutkan pemulihannya perlahan-lahan. Akhirnya, ECB bisa mengejutkan pasar dengan langkah kebijakan yang sudah diperkirakan, jika tidak, harga bullion akan terus di gerakkan oleh arah tingkat bunga jangka panjang dan USD.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here