Pertumbuhan Ekonomi Australia Q2 Melambat

361

Pertumbuhan Ekonomi Australia tumbuh melambat namun pada kecepatan baik pada kuartal kedua, dengan penguatan belanja konsumen dan perdagangan yang terus mendukung pertumbuhan.

Produk domestik bruto (PDB) tumbuh pada 0,5% pada kuartal kedua, Biro Statistik Australia melaporkan Rabu (07/09). Dibandingkan dengan tahun lalu, ekonomi tumbuh 3,3%.

australia-gdp-growth (1)

Perkiraan median ekonom disebut untuk peningkatan 0,6%. Ekonomi tumbuh 1,1% pada kuartal pertama, peningkatan kuartalan terbesar dalam tiga tahun.

Pengeluaran konsumsi akhir diperluas 0,8%, kontribusi untuk 0,6 poin persentase pertumbuhan PDB. Perdagangan meningkat 2,3% dalam hal penyesuaian musiman.

Ekonomi Australia telah melampaui banyak negara-negara industri, tetapi menghadapi tekanan kuat dalam bentuk anjloknya inflasi. Tekanan inflasi yang lemah mendorong Reserve Bank of Australia (RBA) untuk memangkas suku bunga pada dua kesempatan tahun ini. RBA mempertahankan suku bunga tetap sebesar 1,5% pada hari Selasa di masa jabatan terakhir Glenn Stevens sebagai gubernur bank sentral. Stevens memimpin masa resesi bebas di Bank.

The Australian Bureau of Statistics akan melaporkan neraca perdagangan Australia pada Kamis, diikuti dengan laporan pinjaman rumah dan kredit investasi, Jumat. Investor juga akan mengamati batch segar dari data perdagangan dan inflasi China.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here