Pertumbuhan Non Manufaktur AS Agustus Merosot Terendah 6,5 Tahun

468

Indeks Non Manufaktur Institute of Supply Management (ISM) menurun tajam ke 51,4 untuk bulan Agustus dari 55,5 bulan sebelumnya. Hasil ini merupakan angka terendah sejak Februari 2010 dan akan merusak kepercayaan terhadap prospek ekonomi secara keseluruhan. Hasil ini semakin melemahkan kenaikan suku bunga AS September ini.

Indeks / produksi kegiatan bisnis secara keseluruhan turun tajam menjadi 51,8 dari 59,3 sebelumnya meskipun ini adalah 85 kenaikan bulanan berturut-turut.

Pesanan baru turun tajam ke 51,4 dari 60,3 bulan sebelumnya, sementara ada penurunan kecil dalam rangka backlogs. Pemasok pengiriman terus melambat di bulan terakhir dengan indeks naik menjadi 51,5 dari 51,0 sebelumnya.

11 dari industri melaporkan pertumbuhan pada bulan tersebut, sementara tujuh melaporkan kontraksi.

Meskipun ada penurunan persediaan, keseluruhan persediaan masih dipandang terlalu tinggi dengan sentimen persediaan pada 64.0 dari 63.0, yang akan cenderung menahan aktivitas, sementara ada juga kontraksi dalam pesanan ekspor untuk bulanan.

Ada penurunan kecil lebih lanjut dalam indeks kerja untuk 50,7 dari 51,4 sebelumnya sebagai perusahaan tampak untuk mendukung margin keuntungan. Komponen harga yang dibayar sedikit berubah pada 51,8 dari 51,9 sebelumnya, meskipun ada bukti tekanan ke atas lebih lanjut pada biaya tenaga kerja.

Menurut ISM, pembacaan non-manufaktur 51,4 sesuai dengan tingkat pertumbuhan PDB tahunan sekitar 1,0%.

Setelah lebih lemah dari rilis manufaktur diperkirakan bulan lalu, penurunan yang signifikan dalam data non-manufaktur akan meningkatkan keraguan seputar prospek.

Seperti di bidang manufaktur, komentar-komentar perusahaan secara keseluruhan tampak lebih optimis dari data survei dan akan ada kekuatiran lebih lanjut dari penyesuaian musiman rusak. Namun demikian, kepercayaan pasar secara keseluruhan dalam outlook akan melemah dalam jangka pendek setidaknya.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here