Preview: Job Openings AS

316

Pertumbuhan kecepatan penciptaan lapangan kerja yang melambat pada bulan lalu dikonfirmasi di dalam update dari Federal Reserve’s Labor Market Conditions Index (LMCI) kemarin, yang turun mendalam ke teritori negatif di bulan Agustus. Data revisi menunjukkan indeks multi faktor ini tergelincir dibawah Nol setelah membukukan angka yang positip di bulan Juli untuk pertamakalinya dalam tahun ini.

The Conference Board’s Employment Trends Index juga menurun di bulan Agustus. Angka yang lebih lemah ini adalah “konsisten dengan pertumbuhan pekerjaan yang moderat di paruh kedua dari tahun 2016”, kata seorang ekonom dalam konsultasinya.

Apakah update pada malam hari ini mengenai Job Openings memberikan kisah yang mirip? Walaupun data ini tiba dengan satu bulan dibelakang dari laporan payrolls, “job openings” telah membuat gambaran profile yang bagus pada waktu-waktu belakangan ini.

Tetapi tren naik telah bertolak belakang dengan bias penurunan dalam perbandingan bulanan belakangan ini untuk nonfarm payrolls. Persinggungan yang bersilangan telah melebar setelah data yang lemah dari “payrolls” bulan Agustus.

Rilis data “job openings” pada malam hari ini, namun, akan merefleksikan kondisi di bulan Juli, ketika pertumbuhan pekerjaan masih kuat secara komparatif. Itu adalah petunjuk untuk berpikir bahwa rilis data pada malam hari ini akan terus memberikan aura yang bullish. Kelanjutan dari laporan ini sebulan dari sekarang, namun, kemungkinan bisa mengalami kemunduran sebagaimana yang ditunjukkan oleh angka employment bulan Agustus.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here