Awal Indeks Shanghai 8 September Turun Tipis Setelah Cadangan Devisa Merosot

395
bursa shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Kamis (08/09), Indeks Shanghai bergerak flat, saat ini terpantau turun tipis -1,47 poin atau -0,05 persen pada 3090.46. Pelemahan Indeks Shanghai terpicu kekuatiran meningkatnya arus modal keluar Tiongkok setelah merosotnya cadangan devisa Tiongkok, namun masih mencermati data perdagangan yang diindikasikan meningkat.

Lihat :  Bursa Shanghai 7 September Berakhir Naik Tipis Didukung Sektor Infrastruktur

Cadangan devisa Tiongkok bulan Agustus jatuh ke level terendah sejak 2011 setelah bank sentral melakukan intervensi untuk mendukung mata uang yuan karena melemah ke posisi terendah hampir enam tahun.

Sementara penurunan $ 15,89 miliar ini sejalan dengan ekspektasi pasar dan digambarkan oleh para analis sebagai sederhana, itu adalah penurunan terbesar sejak Mei dan bisa sebagai sinyal arus keluar modal segar dari ekonomi.

Cadangan devisa China jatuh ke $ 3,185 triliun pada bulan Agustus – terendah sejak Desember 2011 – dari $ 3,20 triliun pada akhir Juli, data bank sentral pada hari Rabu (07/09).

Lihat : Cadangan Devisa Tiongkok Agustus Turun Terendah Hampir 5 Tahun

Pagi ini direncanakan dirilis data perdagangan Tiongkok, dengan indikasi meningkatnya surplus perdagangan Tiongkok Agustus.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak sideways mencermati perkembangan ekonomi domestik dan harapan stimulus ekonomi. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2990-2894 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3187-3295.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here