Beige Book The Fed : Pertumbuhan Upah Moderat Dapat Mendorong Inflasi

333

Menurut Federal Reserve Summary of Current Economic Conditions (Beige Book) terakhir, Rabu (07/08) yang disusun oleh Fed San Francisco, sebagian besar distrik Federal Reserve melaporkan pertumbuhan moderat.

Pasar tenaga kerja yang ketat dan meningkatnya upah tidak menghasilkan tekanan inflasi yang cukup besar, demikian laporan Federal Reserve dalam Beige Book, mengeruhkan prospek ekonomi bagi para pejabat Fed menjelang pertemuan kebijakan September mereka.

Bukti di pasar tenaga kerja dan upah akan sangat penting bagi Federal Reserve sebagai FOMC mempertimbangkan apakah untuk menaikkan suku bunga. Dalam komentarnya baru-baru ini, pejabat Fed telah menunjuk bukti pasar tenaga kerja yang ketat dan meningkatnya tekanan upah sebagai petunjuk ke potensi tingkat yang lebih tinggi. Bukti Beige Book yang mendukung harapan tersebut, terutama dengan kendala pasokan meskipun bukti keseluruhan lebih beragam.

Beige Book The Fed menunjukkan pertumbuhan upah moderat dalam beberapa bulan mendatang yang akan mendorong inflasi di bulan depan dan kemungkinan memacu Fed ke dalam tindakan menaikkan suku bunga.

Secara keseluruhan, perekonomian terus berkembang pada kecepatan yang moderat pada bulan Juli dan Agustus, dan responden mengatakan mereka memperkirakan pertumbuhan berlanjut pada kecepatan “moderat” dalam beberapa bulan mendatang, menurut buku beige bank sentral, review kondisi ekonomi regional. Survei mengumpulkan informasi pada kegiatan ekonomi dari awal Juli hingga 29 Agustus, dari 12 bank distrik.

Sebagian besar distrik menguutip pasar tenaga kerja yang ketat dan pertumbuhan moderat dalam perekrutan, konsisten dengan keuntungan gaji yang stabil dilaporkan oleh Departemen Tenaga Kerja dalam dua bulan terakhir. Tekanan ke atas pada upah terus meningkat, terutama untuk pekerja dengan keahlian khusus seperti insinyur dan pekerja konstruksi tertentu. Tapi kenaikan upah tidak diterjemahkan ke dalam tekanan inflasi yang signifikan, kata laporan itu. Harga meningkat digambarkan sebagai “sedikit secara keseluruhan.”

Laporan ini menggambarkan beberapa tantangan yang dihadapi ekonomi AS karena berjuang untuk keluar dari lintasan pertumbuhan bersemangat pada kuartal ketiga. Mempekerjakan telah stabil di banyak ekspansi, tetapi hanya baru-baru mulai diterjemahkan ke dalam keuntungan upah nyata. Harga energi yang rendah untuk dua tahun terakhir membuat inflasi terus diawasi. Pada bulan Juli dan Agustus, buku beige melaporkan, “potensial rekor panen nasional” menekan harga untuk produk pertanian.

Pejabat Fed mencari tanda-tanda inflasi karena mereka menimbang peningkatan suku bunga pada pertemuan kebijakan berikutnya 20-21 September. Ketua Fed Janet Yellen pada akhir Agustus mengatakan, dia yakin kesempatan untuk meningkatkan tingkat suku bunga acuan “telah menguat dalam beberapa bulan terakhir,” mengutip kinerja “mantap” dari pasar tenaga kerja sebagai salah satu faktor. Sebuah survei Agustus ekonom oleh The Wall Street Journal menemukan lebih dari dua-pertiga dari ekonom mengharapkan Fed untuk menunggu sampai Desember untuk menaikkan suku bunga.

Tapi pasar tenaga kerja mungkin menjadi sebuah halangan. Sebuah laporan terpisah yang dirilis Rabu dari Departemen Tenaga Kerja menunjukkan lowongan pekerjaan di AS mencapai rekor tinggi 5,9 juta pada bulan Juli, bahkan mempekerjakan tetap tidak berubah dari bulan Juni di 5,2 juta. Itu menunjukkan perusahaan mengalami kesulitan dalam membuka pekerjaan, gagasan bergema dari buku beige.

“Dalam banyak distrik, bisnis melaporkan kesulitan mengisi lowongan pekerjaan untuk posisi dengan keterampilan tinggi,” kata buku beige, termasuk pekerjaan teknologi, rekayasa dan konstruksi. Tekanan upah dipercepat untuk pekerja terampil dan “cukup sederhana” bagi sebagian besar pekerja, buku beige mengatakan, dan inflasi harga adalah “sederhana.”

Menurut buku beige, bahwa breakout upah mungkin tidak segera datang. “Secara umum, ekspektasi pertumbuhan upah untuk bulan-bulan mendatang yang sederhana,” katanya.

Namun, perekrutan bukanlah segalanya. Perusahaan juga harus berinvestasi dalam mesin dan peralatan untuk meningkatkan produktivitas pekerja bagi perekonomian untuk melihat pertumbuhan yang lebih berkelanjutan. Bisnis investasi bisa meningkatkan produktivitas pekerja dan keuntungan perusahaan, yang keduanya telah sakit dalam beberapa bulan terakhir. Tapi perusahaan telah sebagian besar duduk di sela-sela musim pemilu AS tidak biasa dan permintaan global yang tidak menentu. Yellen telah mengutip investasi bisnis lembut dan perlu perhatian.

Sebaliknya, perekonomian mengandalkan pada konsumen untuk tetap bertahan pada kuartal kedua. Belanja konsumen sedikit berubah di sebagian besar distrik selama periode pelaporan, kata buku beige. Lima distrik melaporkan sedikit perlambatan dalam penjualan mobil. Penjualan mobil mencapai rekor pada tahun 2015 dan telah tetap tinggi, tetapi tidak jelas apakah itu kecepatan pembelian berkelanjutan.

Sebagian besar distrik melaporkan naiknya aktivitas manufaktur. Sektor ini telah muncul untuk stabil untuk banyak musim semi dan musim panas, meskipun sebuah laporan pekan lalu dari Institute for Supply Management mengisyaratkan sektor pabrik kontraksi pada bulan Agustus.

Aktivitas perumahan, andalan lain dari ekspansi ekonomi, terus tumbuh, namun laporan pasokan terbatas rumah itu membebani laju penjualan di beberapa distrik. Aktivitas real estat komersial juga terus berkembang.

Laporan itu mengatakan penjualan jasa non finansial dipercepat selama periode waktu yang dicakup, dengan meningkatnya permintaan di restoran, untuk perawatan kesehatan dan jasa kepegawaian. Tapi indeks aktivitas sektor jasa membukukan penurunan tajam pada bulan Agustus untuk membaca terendah dalam lebih dari enam tahun, Institute for Supply Management mengatakan Selasa. Namun, sektor-yang menyumbang sebagian besar pekerjaan AS, terus tumbuh pada bulan Agustus, meskipun pada kecepatan lebih lambat dari pada bulan Juli.

Bankir melaporkan kualitas kredit tetap “menguntungkan” di sebagian besar distrik. Permintaan kredit tumbuh pada kecepatan yang moderat secara keseluruhan, meskipun bervariasi antar distrik. Di Dallas dan Kansas City, “beberapa perusahaan minyak dan gas dilaporkan terhambat memperoleh kredit.” Itu sejalan dengan menurunnya permintaan produk yang berhubungan dengan energi di periode pelaporan, meskipun laporan itu mencatat “beberapa tanda-tanda stabilisasi.”

 

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here