Bursa Eropa Bergerak Naik Menantikan Keputusan Kebijakan ECB

373

Bursa Saham Eropa sedikit lebih tinggi di awal perdagangan hari Kamis (08/09) dengan pasar fokus untuk pertemuan kebijakan moneter terbaru dari Bank Sentral Eropa (ECB).

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik sekitar 0,21 persen.

Indeks FTSE berada pada 6.882,35, naik 35.77 poin atau 0,52%

Indeks DAX berada pada 10.748,24, turun tipis -4,74 poin atau -0,04%

Indeks CAC berada pada 4.558,91, naik tipis 1,25 poin atau 0,03%

Semua mata tertuju kepada saham Apple setelah raksasa teknologi meluncurkan iPhone 7, headphone nirkabel dan jam tangan baru pada hari Rabu dalam upaya untuk membalikkan penurunan pertama perusahaan dalam penjualan. Saham perusahaan ditutup lebih tinggi di AS pada Rabu, namun saham teknologi ini di Eropa turun.

STMicro dan Dialog Semiconductor, pemasok Apple berada di zona merah.

Sementara itu ASML melihat saham bergeser setelah Samsung Electronics mengatakan itu adalah menjual sekitar 6,3 juta saham di perusahaan.

Hewlett Packard mengatakan pada hari Rabu pihaknya berencana untuk spin off dan menggabungkan aset perangkat lunak non-inti dengan Micro Focus. Saham Micro Focus naik lebih dari 20 persen.

Banca Monte dei Paschi di Siena diperdagangkan lebih tinggi setelah Morgan Stanley menaikkan proyeksi pada saham dari “underweight” untuk “bobot yang sama”.

Dixons Carphone juga dekat bagian atas STOXX 600 setelah melaporkan kenaikan 4 persen dalam penjualan di 13 minggu yang berakhir 30 Juli.

Saham Pearson berada di wilayah negatif setelah rekan AS, John Wiley & Sons, melaporkan penurunan laba dan pendapatan fiskal kuartal pertama.

Di tempat lain, saham Air France-KLM lebih tinggi setelah mengatakan lalu lintas Agustus naik 1,9 persen.

ECB diperkirakan akan memperpanjang program pembelian obligasi triliun yang berakhir Maret 2017 dan mengumumkan rencana untuk memperluas obligasi yang memenuhi syarat sebagai bagian dari upaya untuk memulai ekonomi zona euro. ECB mengumumkan keputusan kebijakan di 12:45 waktu London dan Presiden bank Mario Draghi akan mengadakan konferensi pers di 01:30

Data AS dan China terbaru juga fokus untuk pasar. Di Asia, ada penurunan di sebagian besar pasar pada hari Kamis karena investor menimbang apa yang Fed Beige Book dimaksudkan untuk suku bunga AS.

Beige Book, indikator kunci dari kesehatan ekonomi AS dan diawasi ketat oleh Federal Reserve, menunjukkan pertumbuhan upah moderat dalam beberapa bulan mendatang.

Meskipun pasar tenaga kerja mendekati kesempatan kerja penuh, tekanan upah berbasis luas sejauh ini telah lambat untuk naik. Tetapi jika upah mulai naik, yang akan mendorong inflasi di bulan depan dan kemungkinan memacu Fed ke dalam tindakan menaikkan suku bunga.

Sementara China merilis data perdagangan kuat dari perkiraan pada bulan Agustus, karena ekspor berdenominasi yuan naik 5,9 persen pada Agustus dari tahun sebelumnya, sedangkan impor berdenominasi yuan naik 10,8 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati hasil pertemuan kebijakan ECB dan pidato Mario Draghi. Juga akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here