Preview: Initial Jobless Claims AS

397

Laporan-laporan ekonomi dari AS pada minggu ini terus memberikan angka-angka yang lebih lemah daripada yang diperkirakan. Apakah update data malam hari ini mengenai pengajuan baru tunjangan pengangguran memecahkan tren angka yang menurun ini?

Ya, menurut proyeksi ekonomi. Konsensus dari Econoday.com memperkirakan klaim pengangguran hanya naik 1000 menjadi 264.000, yang masih mendekati kerendahan selama 43 tahun sebesar 248.000 yang berhasil disentuh kembali pada bulan April.

Jika data klaim yang actual melekat dekat kepada angka yang diperkirakan, berita ini akan memberikan kelegaan pada taraf tertentu setelah update data-data ekonomi yang mengecewakan dihari-hari belakangan ini.

Sebagai tambahan terhadap pertambahan employment nonfarm di bulan Agustus yang mengejutkan kecilnya, Federal Reserve’s Labor Market Conditions Index turun kembali ke teritori negatif pada bulan lalu.

Sementara, sektor jasa di bulan Agustus mencatat perlambatan yang tajam dalam pertumbuhannya. ISM Non-Manufacturing Index turun ke 51.4 pada bulan lalu.

Walaupun itu masih berada pada teritori pertumbuhan, angka ini menandai ekspansi yang paling pelan untuk sektor ini sejak bulan Februari 2010.

Kepala ekonom di Maria Fiorini Ramirez, suatu perusahaan konsultasi ekonomi mengatakan,”Angka ISM yang terbaru mengejutkan lemahnya. Hal ini jelas memberikan amunisi yang lebih banyak buat kubu “dovish” di Federal Reserve dan membuat pembicaraan the Fed pada pertemuan tanggal 20-21 September nanti banyak mengalami perdebatan .

Pertanyaannya apakah data klaim pengangguran, yang telah menjadi sumber optimisme makro yang mantap selama tahun ini, akan terus memberikan pembalikan arah yang “bullish” terhadap angka suram belakangan ini? Pasar mengharapkan tidak kurang dari itu.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here